BERITA TERBARU
Kamis, 11 Mei 2017 19:30 WIB

Hands-on

Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry Birds

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Kiprah Rovio Entertainment dalam industri game mobile memang sudah tidak diragukan lagi. Sejak pertama kali merilis Angry Bird di tahun 2009 silam, nama developer game asal Finlandia ini langsung melejit populer.

Tak puas hanya merilis satu game, Rovio kemudian menggarap beberapa judul game dari Angry Birds. Bila dihitung-hitung kini berjumlah 17 game yang di antaranya merupakan game spin-off.

Rovio tampaknya tidak ingin dicap sebagai developer game khusus Angry Birds saja. Karenanya mereka meluncurkan game terbarunya yang tanpa embel-embel Angry Birds, bernama Battle Bay.

Pantauan detikINET, game ini sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store untuk region Indonesia. Dan sama seperti game Angry Birds pada umumnya, Battle Bay bisa Anda unduh secara gratis.

Penasaran dengan game ini, detikINET pun lantas mencoba mengunduhnya. Satu catatan ketika hendak mengunduh, pastikan ponsel Anda terhubung dengan konektivitas WiFi yang kencang. Sebab ukuran file dari game berkapasitas besar, yakni sekitar 200 MB. Nah Anda pun tidak ingin bukan apabila kuota yang sudah dibeli mahal-mahal terbuang percuma.

Sesuai namanya, Battle Bay menyuguhkan pertarungan sengit antar kapal di sebuah arena perairan. Tidak usah bingung dengan cara bermain, karena ketika pertama kali membuka aplikasi ini Anda akan dihadapkan dengan tutorial permainan.

Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET

Cara bermainnya sebenarnya cukup simple. Ada dua buah tombol yang terletak di sisi kanan dan kiri. Tombol di sisi kiri untuk mengendalikan kapal maju ke depan, belakang, samping dan sebagainya. Sementara tombol sebelah kanan untuk mengarahkan tembakan sekaligus menembakan serangan.

Secara garis besar, game ini menggabungkan beberapa genre permainan. Di samping shooter, game ini --menurut penuturan Rovio-- memiliki elemen MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Elemen tersebut terasa manakala Anda bisa memilih kapal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Seperti misalnya kapal Shooter yang memiliki kemampuan dalam menembak, kapal Defender yang memiliki kemampuan dalam bertahan, dan sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa meng-upgrade kemampuan kapal beserta pilotnya, sebagaimana elemen RPG (role-playing game) juga masuk ke dalam bagian dari MOBA.

Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET


Dari pengalaman detikINET ketika bermainan, memang di awal untuk mengendalikan kapal terasa sulit. Mungkin karena belum terbiasa untuk bergerak dengan tombol di sebelah kiri dan mengarahkan senjata dengan tombol kanan.

Pun begitu, Anda sebenarnya tidak perlu repot-repot untuk membidik kapal musuh seperti dalam game first-person shooter. Karena Rovio menghadirkan mekanisme di mana bidikan senjata akan secara otomatis mengarah ke kapal musuh. Anda juga bisa mengunci bidikan, bila takut bidikan akan kabur karena pergerakkan kapal.

Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET


Kesulitan lainnya disebabkan arena permainan yang bergelombang. Walau menyulitkan, ini sebenarnya juga menjadi keuntungan, di mana Anda bisa serta merta menghindari tembakan yang datang dari musuh.

Karena game ini mempertemukan player dari berbagai negara secara real-time, maka sudah pasti bila game membutuhkan konektivitas internet. Di dalam game juga terdapat sistem mikrotransaksi untuk pembelian pearl dan gold guna kebutuhan upgrade.

Battle Bay, Aksi Tembak-tembakan Kapal dari Pembesut Angry BirdsFoto: screenshot detikINET


Game ini juga menawarkan sistem subscripe menjadi VIP yang isinya menawarkan 50% reward tanpa iklan. 20% lebih cepat dalam training, dan lain-lain. Untuk berlangganan, Anda bisa merogoh kocek mulai dari Rp 71 ribu untuk tujuh hari dan Rp 139 ribu untuk sebulan.

Pun jika Anda tidak ingin mengeluarkan kocek dalam bermain, Rovio memberi kesempatan dengan menghadirkan berbagai macam reward. Isinya tentu adalah perlengkapan dan kebutuhan upgrade kapal. (mag/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.
  • Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Minggu, 27 Mei 2018 10:21 WIB
    Banyak yang menuding Ramos sengaja mencederai Salah agar tak dapat melanjutkan laga di final Liga Champions. Instagram sang kapten Madrid pun banjir hujatan.
  • Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Minggu, 27 Mei 2018 08:37 WIB
    Andy Rubin sedang kurang beruntung. Sang pencipta sistem operasi Android ini tertimpa beberapa kesialan semenjak ia memutuskan meninggalkan Google.