Jumat, 20 Jan 2017 16:37 WIB

Review Game

Kuis Iseng Kaesang yang Bikin Gregetan

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Siapa tak kenal sosok Kaesang Pangarep? Anak orang nomor satu di Indonesia ini eksis di dunia maya dan kerap tampil di berbagai kesempatan. Tak puas hanya sekadar nge-vlog seperti di YouTube, Kaesang merambah ke dunia game.

Game yang dimaksud adalah game kasual bertajuk Kuis Iseng Kaesang. Walau memiliki judul Kaesang, game ini bukan serta merta murni buatan Kaesang. Game ini digarap oleh developer game lokal terkenal asal Bandung, yakni Agate Studio.

"Bosen? Pengen main game yang gampang-gampang susah? Cobaik kuis iseng bareng Kaesang ini!," tulis Agate dalam keterangannya di laman Google Play Store.

Tertarik dan penasaran dengan Kuis Iseng Kaesang ini, detikINET pun mencoba untuk mengunduhnya. Tak butuh waktu lama untuk mengunduh game karena file yang tersedia tidak terlalu besar. Namun, bagi Anda yang tak mau kehilangan kuota internet, mungkin tidak ada salahnya bila menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia.

Seperti game Agate pada umumnya, game Kuis Iseng Kaesang ini tampil dengan user interface yang sederhana, namun tetap menarik. Agate menggabungkan wajah asli Kaesang dengan guratan kartun sebagai badannya. Sehingga tak heran bila potret anak bungsu dari tiga bersaudara ini terlihat kocak.

Foto: screenshot detikINET

Bicara gameplay, Kuis Iseng Kaesang ini mirip dengan game arcade mobile Hardest Game Ever, di mana menyajikan permainan yang terdiri dari beberapa level yang harus diselesaikan. Ragam permainannya pun bermacam-macam dan hadir dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula.

Meski demikian, cukup diakui pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dari game ini terdengar konyol. Seperti misalnya pertanyaan 'Apa rasa es teh tawar panas?'. Ada empat jawaban yang tersedia, yakni Asam, Pahit, Tawar, dan Manis.



Anda akan diberikan empat energi atau nyawa dalam menjawab satu paket level yang terdiri dari 20 pertanyaan. Energi akan berkurang apabila Anda gagal dalam memilih jawaban. Bila energi habis, Agate akan memberikan opsi untuk mengisi kembali energi, seperti share game ke Facebook atau menonton video iklan untuk mendapat satu energi atau membeli dengan menggunakan koin sebesar 250 koin untuk lima energi.

Koin bisa didapat dengan cara membeli menggunakan uang sungguhan. Dari pantauan detikINET, koin termurah bisa dibeli dengan harga Rp 3.000 untuk 500 koin. Sedangkan termahal sekitar Rp 29.000 untuk mendapatkan 6.000 koin.


Opini detikINET

Foto: screenshot detikINET

Namanya juga game Kuis Iseng Kaesang, sudah pasti gameplay yang ditawarkan tidak seserius game mobile buatan developer kawakan luar negeri. Namun, terlepas dari keisengan Kaesang mengerjai Anda, game ini cukup adiktif untuk dimainkan, terutama dalam waktu senggang.

Pertanyaan-pertanyaan yang konyol kadang bisa membuat gamer memutar otak untuk menjawabnya dan Anda harus familiar dengan istilah-istilah yang dipakai di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, ada pertanyaan yang menampilkan dua superhero, yakni Power Ranger dan Gavan atau Gaban dalam istilah Indonesia.

Di sana tertera pertanyaan 'mana yang lebih gedhe?'. Jawabannya tentu adalah Gaban, karena ada istilah yang sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia, yakni 'segede Gaban'. Kira-kira seperti itulah. Dan secara keseluruhan, permainan yang tersaji cukup menghibur walau kadang ada yang membuat gregetan.

Untuk masalah energi, memang inilah cara Agate untuk memonetisasi. Tapi Anda bisa bersabar mendapatkan energi dengan menunggu agar terisi penuh. (mag/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed