BERITA TERBARU
Rabu, 02 Nov 2016 09:39 WIB

Review Game

Dream Defense: Ketika Si Imut Teddy Bear Jadi 'Rambo'

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Di film barat sering kali kita melihat orangtua memberikan boneka beruang atau Teddy Bear untuk menemani sang anak tidur. Percaya atau tidak, selain untuk menemani, boneka beruang itu juga diyakini sebagai penjaga sang anak dari mimpi buruk.

Ya, konsep inilah yang dipakai dalam game berjudul Dream Defense. Game mobile buatan Altitude ini sejatinya baru resmi melenggang di Google Play Store dan Apple App Store beberapa waktu lalu.

Untuk bisa mendownload Dream Defense, Anda tak perlu merogoh kocek sama sekali alias gratis. Penasaran seperti apa serunya Dream Defense? Simak review detikINET berikut ini.

Bertahan dari Serangan Monster

Di Dream Defense, Anda akan bermain dan mengendalikan sebuah boneka Teddy Bear yang menemani anak kecil bernama Robin ketika tidur. Bukan sembarang Teddy Bear, walau terlihat menggemaskan, boneka ini seketika bisa berubah menjadi seorang 'Rambo' tak lama setelah lampu kamar dimatikan.

Bila diperhatikan Dream Defense mengusung konsep tower defense. Mirip dengan Plant vs Zombie, tugas Anda mengabisi semua musuh yang datang dari arah kanan. Bila musuh yang Anda temui di Plant vs Zombie berwujud zombie, maka di Dream Defense yang Anda lawan adalah sekumpulan monster berwujud seram.

Dream Defense, Lawan Mimpi Burukmu!Foto: screenshot detikINET


Monster-monster ini secara perlahan akan maju dan menyerang Anda. Ada beragam tipe monster yang menyerang, mulai dari yang memiliki serangan jarak dekat, serangan jarak jauh, hingga monster bertipe tank yang sedikit alot untuk dibunuh.

Para monster ini akan menyerang wave demi wave. Sampai wave itu selesai, usahakan agar nyawa teddy bear yang Anda mainkan tidak habis.

Senjata Imut dan Mematikan

Karena game ini memiliki tema fairy tale, maka Altitude sebisa mungkin menghadirkan nuansa-nuansa yang ceria dan berwarna. Seperti misalnya, senjata yang dipakai untuk bertempur melawan monster dibuat memiliki kelir warna-warni.

Sedikit menerapkan sistem RPG (role-playing game), senjata yang dipakai untuk membasmi monster bisa diupgrade sesuka hati Anda. Hanya saja, untuk bisa mempercanggih senjata dibutuhkan koin emas dan dream ore. Kedua item itu bisa didapat dengan mengumpulkannya dalam permainan atau menggunakan uang sungguhan.

Setiap senjata bisa didapat dari level ke level dengan cara meng-unlock. Namun bila Anda tidak sabar, Anda juga bisa membukanya dengan menggunakan koin emas. Setiap senjata dibuka dengan banderolan koin emas yang bervariasi.

Dream Defense, Lawan Mimpi Burukmu!Foto: screenshot detikINET


Sebagai contoh, senjata Spray Gun dibanderol harga 25.000 koin emas. Semakin canggih senjatanya, semakin mahal pula koin emas yang dikucurkan.

Setiap kali bermain di satu level Anda hanya diperbolehkan membawa maksimal empat senjata dan empat perlengkapan penunjang, seperti bom ledak dan bom beku.

Perhatikan senjata yang Anda bawa, karena setiap musuh yang menghadang memiliki kelemahan terhadap masing-masing senjata. Dan enaknya, musuh yang akan Anda lawan biasanya terpampang di menu sebelum permainan dimulai.

Senjata utama Teddy Bear berbentuk machine gun yang tidak akan habis pelurunya meski Anda tembakkan secara membabi buta. Hanya saja, senjata itu menjadi senjata basis, yang artinya memiliki damage yang tidak begitu besar bila dibandingkan dengan senjata lainnya.

Opini detikINET

Dream Defense menawarkan game tower defense yang cukup menarik dan seru untuk dimainkan. Grafis keren ala cel-shading menjadi nilai tambah bagi game ini, terlebih untuk ukuran game mobile.

Meski cara bermainnya sangat simple, Dream Defense membutuhkan ketangkasan jempol Anda. Pergerakan jempol sebisa mungkin mengikuti pergerakan dari musuh. Karena apabila miss sedikit saja, maka serangan atau tembakan teddy bear akan melesat dan tidak melukai musuh.

Dream Defense, Lawan Mimpi Burukmu!Foto: screenshot detikINET


Sama seperti game free-to-play pada umumnya, Altitude juga menawarkan pembelian item in-app purchase. Namun, kami tidak menemukan adanya pembelian secara terpaksa ketika memainkan game ini. Koin bisa Anda dapatkan apabila bersabar. Begitupula dengan senjata yang memang disiapkan sesuai kemampuan Anda menghadapi musuh.

Semakin sulit musuh yang ada, Anda juga akan diberikan senjata yang mumpuni untuk menghadapi. Tinggal bagaimana Anda mengaturnya. (mag/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.