Kamis, 13 Okt 2016 17:27 WIB

Review Game

Cute Munchies, Game Lokal Cita Rasa Internasional

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Tak kalah dengan developer game mancanegara, developer game lokal juga dikenal piawai dalam urusan menciptakan game menarik. Niji misalnya, developer game asal Yogyakarta ini unjuk gigi lewat game bertajuk Cute Munchies.

Bukan sekadar game mobile biasa, game ini terbukti masuk dalam nominasi Editor Choice di Google Play Store. Editor Choice sendiri merupakan sebuah kategori dalam Play Store yang berisikan sejumlah App dan Game yang merupakan pilihan dari Tim Editor Google Play Store.

Dari ratusan aplikasi yang masuk Editor Choice, Cute Munchies menjadi salah satunya. Masuknya Cute Munchies dalam kategori Editor Choice menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi Niji, sebab ini sekaligus menjadikannya sebagai developer Indonesia pertama yang masuk Editor Choice.

"Selamat telah menjadi developer Indonesia pertama yang mendapat Editor Choice! Kalian berhasil!," ujar Google memberi selamat, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (13/10/2016). Penasaran seperti apa sensasi permainan yang ditawarkan oleh Cute Munchies? Berikut review-nya!


Game Lokal Citarasa Internasional



Harus diakui Cute Munchies memiliki sensasi permainan dengan cita rasa internasional, baik itu dari sisi grafis atau gameplay. Meskipun developer di baliknya adalah developer lokal asal Yogyakarta.

Cute Munchies memiliki genre permainan puzzle dengan level yang beragam dan menantang. Berpindah antara satu level dengan yang lain bisa dilakukan setelah menyelesaikan level. Sepintas mirip-mirip seperti sistem leveling pada Angry Bird.

Hanya saja, tidak ada sistem bintang. Anda hanya perlu menyelesaikan level dengan benar, tidak peduli berapapun skor yang dicetak.

Memainkan Cute Munchies terbilang cukup mudah. Anda akan mengendalikan beragam karakter binatang yang lucu, salah satunya adalah kelinci. Tugas Anda hanya bagaimana caranya bisa mendapatkan item yang tersebar di sekitar Anda.

Karena ini game mobile, kontrol permainan dibuat mudah dan bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan satu tangan. Anda hanya perlu swipe kiri, kanan, atas, atau bawah untuk bisa menggerakan karakter.

Cute Munchies, Game Lokal Cita Rasa Internasional



Meski terbilang mudah, ada kalanya Anda harus memutar otak. Salah langkah sedikit saja, maka permainan akan berhenti. Tapi tenang, toh Anda bisa menekan tombol replay yang tersedia di pojok kanan atas kapanpun Anda inginkan.

Setiap berhasil menyelesaikan level, Anda akan mendapat bonus berupa koin. Koin itu nantinya bisa dikumpulkan untuk membeli karakter di shop. Jika kurang koin, developer menyediakan opsi pembayaran menggunakan uang sungguhan (in-app purchase).

Ragam karakter binatang yang disediakan disesuaikan dengan kondisi area. Semisal antara kelinci dengan tupai punya item collectible yang berbeda. Bila kelinci mengambil wortel, maka tupai mengambil buah kenari. Begitupula dengan cuaca yang bisa diubah siang maupun malam.


Buat Level-mu Sendiri!


Yang menarik dari Cute Munchies adalah selain memainkan level yang dibuat oleh developer dalam mode permainan Adventure, Anda juga bisa menciptakan level sendiri. Sepintas mirip-mirip Super Mario Maker yang hadir di Nintendo Wii U.

Anda bisa menciptakan level sesuai yang Anda inginkan. Nantinya level yang Anda ciptakan bisa dimainkan oleh gamer lain melalui mode permainan online level. Begitupula sebaliknya Anda bisa memainkan level ciptaan orang lain.


Opini detikINET


Secara keseluruhan Cute Munchies menawarkan sensasi game mobile yang menyenangkan dengan tingkat kesulitan yang masih bisa ditolerir. Setidaknya itulah yang dirasakan dalam dua level.

Grafis yang disajikan sangat halus untuk ukuran game mobile karya anak bangsa. User interface yang lucu membuat game ini cocok untuk dimainkan oleh semua umur. Hanya saja, khusus untuk para orangtua yang mencantumkan kartu kredit dalam ponselnya agar memperhatikan anaknya ketika bermain.

Sebab dalam game terdapat monetize berupa pembelian koin mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 50.000. (mag/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed