FIFA 16: Tantangan akan Sepakbola Indah

Hands On

FIFA 16: Tantangan akan Sepakbola Indah

Mohamad Miradi - detikInet
Jumat, 11 Sep 2015 13:46 WIB
Jakarta -

Bagaimana rasanya bermain sepakbola indah? Di demo FIFA 16 ini gamer bisa menemukan jawabannya. Berikut hasil review demo FIFA 16 yang sudah bisa dijajal.
 
Memfokuskan pada filosofi 'play beautiful', gameplay FIFA 16 mengalami overhaul atau peningkatan signifikan. Saking besarnya improvement di sektor tersebut bahkan EA menambahkan fitur FIFA Trainer. Ya, semacam mini tutorial layaknya kita sedang bermain game baru.

Bukan tanpa alasan, memang kenyataannya saat mencoba bermain menggunakan Real Madrid versus Barcelona, pace gameplay seakan sedikit lambat, berbeda dengan dua seri sebelumnya yang justru serasa Arcade. Seluruh animasi, pergerakan tanpa bola articial intelligence (AI), sampai cara bertahan benar-benar baru dan tidak seperti biasanya.



Trik-trik dribel yang biasa digunakan pun tidak luput dari perubahan. Kini, agak sulit bagi pemain yang skill-nya tidak mumpuni untuk berlama-lama bermain bola. Adakalanya pula saat mencoba mempercepat dribel dengan menekan tombol berkali-kali justru sang pemain malah kelimpungan karena timing yang tidak tepat saat menekan tombol.

Bahkan sekadar menahan tombol lari untuk meninggalkan pemain bertahan secara cepat tidak lagi terlalu efektif, hal ini mungkin dikarenakan adanya fitur baru confidence in defending yang memungkinkan AI terorganisir lebih baik dalam bertahan, meskipun sesekali masih berhasil melalui pemain bertahan dengan berlari secepat kilat menggunakan Gareth Bale.



Lalu, bagaimana rasanya bermain menggunakan karakter perempuan di FIFA 16? Lincah, itulah kesan pertama saat bermain menggunakan timnas wanita Jerman maupun Amerika Serikat. Bentuk tubuh di FIFA pada dasarnya memang mempengaruhi atribut tertentu, terutama kecepatan, akselerasi dan pergerakan pemain.

Hal inilah yang mungkin pada akhirnya membuat para pemain wanita di FIFA 16 bergerak cukup lincah dan dinamis. Meskipun punya tubuh mungil dan tidak seatletis pemain pria, soal skill dan kekuatan tendangan justru tidak ada perbedaan dengan kaum Adam yang mendominasi olahraga ini. Bahkan goal screamer dari luar kotak penalti dengan mudah dilakukan oleh Alex Morgan salah satu bintang sepakbola wanita AS.



Selain itu, kami juga mencoba FUT Draft, semacam blue print dari tim Impian yang nantinya mungkin jadi pertimbangan gamer saat bermain FIFA Ultimate Team. Ini merupakan salah satu mode paling populer yang memungkinkan gamer untuk membuat tim impiannya dari beragam pemain-pemain top dunia dan mencobanya langsung untuk dimainkan secara offline maupun online.

Tapi jangan senang dulu, karena seperti pada FUT mode umumnya chemistry pemain yang terdiri dari klub, negara pemain berasal, serta liga dimana pemain bermain juga mempengaruhi overall tim impian yang ingin kalian bentuk. Pastikan memilih pemain dengan posisi dan formasi yang tepat, agar seluruh tim memiliki chemistry yang bagus dan kompak saat bermain.

Fitur baru yang cukup keren adalah selebrasi gol terbaru, pemain kini dapat berlari mendekati pemain cadangan yang sedang pemenasan di pinggir lapangan untuk melakukan selebrasi interaktif. Begitu pula ketika mendekati juru kamera, pemain akan berpose layaknya sedang ditonton oleh pemirsa TV.

Jika tidak ada perubahan jadwal, FIFA 16 akan rilis pada 22 september 2015 di Xbox 360, Xbox One, PlayStation 3, PlayStation 4 dan PC.

*) Penulis, Mohamad Miradi merupakan kontributor xboxid.net serta admin di @xboxliveid. Di dunia maya, ia dikenal sebagai @mohmiradi.

(ash/ash)