Demo Forza 6: Deru Mesin, Balapan Basah, Pokoknya Seru!

Hands On

Demo Forza 6: Deru Mesin, Balapan Basah, Pokoknya Seru!

Mohamad Miradi - detikInet
Jumat, 04 Sep 2015 17:38 WIB
Jakarta -

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemilik konsol Xbox One sudah dapat mengunduh versi demo Forza 6 di Xbox Store tepat 1 September lalu. Nah, Berikut rasanya mengaspal dengan demo Forza 6.

Turn 10 Studios selaku developer balapan simulasi ini mengklaim bahwa game ini merupakan simulasi racing terkomplit dan terbesar yang pernah mereka kembangkan. Setelah berhasil mengunduh versi demo dan mencobanya, berikut impresi pertama saat mencoba demo game simulasi balapan yang mengklaim memiliki varian mobil sebanyak 460 tipe dari beragam brand otomotif ini.



Sesuai janji, Turn 10 pada saat pengumuman game racing ini di E3 yang lalu, Forza Motorsport 6 dipastikan berjalan dengan resolusi full HD 1080p dengan tingkat frame per second (fps) mencapai 60 fps, tidak kurang, tidak lebih dan betul saja, grafis Forza 6 terlihat sangat ciamik terutama ketika memulai bermain yang diawali dengan mengendarai mobil teranyar Ford GT 2017.

Gamer diajak langsung terjun balapan dengan mobil super lainnya yang intens di sirkuit jalanan tepatnya berlokasi di sekitar pantai Copacabana, Rio de Janiero, Brasil dimana sirkuit ini memilki karakteristik tikungan tajam dan menanjak, serta detail lingkungan sekitar yang memukau mata.



Tidak cukup di situ, meskipun terbilang telat, akhirnya instalmen terbaru simulasi balapan ini mengimplementasikan hujan pada saat balapan. Hasilnya? Sangat realistik, mulai dari percikan air dari ban mobil, efek air yang menempel di kaca depan mobil, kabut hingga handling mobil yang sedikit sulit ketika melewati genangan air, kesemua itu berjalan mulus di 60 fps.

Selain balapan basah, Forza juga menghadirkan balapan di malam hari, dimana suhu sirkuit lebih rendah dan membuat daya cengkram ban sedikit berkurang, beda halnya ketika bermain di cuaca yang cerah pada awal demo. Salah satu yang membuat cukup terpukau ialah suara deru mesin mobil yang meraung layaknya di sirkuit betulan.



Meskipun bukan versi full, Forza 6 memperkenalkan beragam fitur barunya seperti drivatars yang kini makin sempurna, dimana aksi balapan teman kalian yang juga bermain Forza 6 akan direkam untuk kemudian diikuti gaya balapannya sebagai AI yang kita tantang kembali saat balapan.

Kemudian ada Mod Packs atau modifikasi mobil sesuai dengan kebutuhan gamer yang bisa dipasang sebelum menjalani balapan, ada 3 jenis modifikasi yang ditawarkan, yaitu Dare Mods, Crew Mods dan Boost Mods. Ketiga modifkasi tersebut bisa kita gunakan baik di career mode maupun free play modes, meskipun berbeda genre. Namun mods ini mengingatkan pada perks di game Call of Duty atau skulls pada game Halo.



Tidak sekadar melempar demo game Forza 6 untuk gamer, Microsoft juga mengadakan kontes bertajuk The Forza Fuel Challenge bagi gamer yang sudah mengunduh demonya. Cukup mendaftarkan diri di xbox.com/forzafuel dan pilih kapten tim dari 5 negara yang sudah tersedia dan mainkan career modenya.

Tiga gamer beruntung akan diajak untuk jalan-jalan ke Circuit The Americas di Texas, Amerika Serikat full akomodasi! Forza Motorsport 6 akan dijadwalkan mengaspal pada 15 september 2015 ekslusif untuk pengguna konsol Xbox One.

*) Penulis, Mohamad Miradi merupakan kontributor xboxliveid.com serta admin di @xboxliveid. Di dunia maya, ia dikenal sebagai @mohmiradi.

(ash/ash)