Minggu, 21 Jul 2019 18:26 WIB

Tips Motret Konser Pakai Kamera Ponsel 10x Zoom

Angling Adhitya Purbaya - detikInet
Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo
Semarang - Berkembangnya teknologi fotografi menggunakan perangkat mobile makin berkembang. Memotret konser dengan tantangan lighting panggung dan pergerakan aktif penyanyi pun bisa diatasi.

Fotografer spesialis konser Ardianto atau akrab disapa Ardi, menjadi salah satu profesional yang sudah merasakan kecanggihan perkembangan fotografi ponsel. Ia pun membagikan beberapa tips memotret konser menggunakan ponsel.

1. Posisi Memotret


Paling utama, yang perlu diperhatikan jika memang niat untuk memotret adalah posisi. Sebagai fans atau penonton konser, posisi di tengah kerumunan harus diperhatikan, diusahakan datang lebih awal dan sebisa mungkin dekat dengan panggung serta pandangan tidak terhalang.



"Posisi kita memotret sebisa mungkin tidak terhalang apapun," kata Ardi saat memberikan workshop fotografi Oppo Reno 10x Zoom Indonesia-10x Wondeeful Journey di Oppo Store Citra Land Semarang.

Tips Motret Konser Pakai Kamera Ponsel 10x Zoom Fotografer spesialis konser Ardianto. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikINET


2. Mengatur Shutter Speed

Sudah bukan hal asing bahkan wajar ketika kamera ponsel sudah bisa disetting manual. Maka, dalam memotret konser menggunakan ponsel, aturlah minimal kecepatan di angka 125 sampai 350.

"Start di 125 kalau posisi musisinya goyang-goyang bisa dieliminir. Aku pakai sampai angka 350, itu kalau musisinya loncat-loncat masih aman. Kalau pencahaayaan itu tergantung kondisi lighting di lokasi. Ya itu triknya nge-frezee posisi musisinya," jelas admin akun instagram @fotokonser itu

3. Komposisi Memotret

Mengatur posisi obyek agar foto lebih bagus bisa dengan menampilkan garis bantu pada tampilan memotret di ponsel. Dalam dunia fotografi ada istilah komposisi Rule of Thirds yang itu juga bisa diterapkan di ponsel.

"Komposisi jangan lupa, ada rule of thirds," tegasnya.

4. Aktifkan Burst

Memotret konser tentu banyak momen yang tidak bisa terulang. Maka agar gambar aman, Ardi menyarankan untuk menggunakan burst atau memotret continue dengan cepat.

"Saya sukanya burst, menghindari objek merem, dapat posisi loncat pas di atas, kan kita suka telat," pungkas pria yang pernah memotret untuk majalah Rolling Stone itu.

5. Kosongkan Memori dan Penuhi Baterai

Mengosongkan memori seolah menjadi hal wajib ketika hendak memotret. Jangan sampai momen apik terlewat karena memori penuh. Selain itu, daya baterai ponsel juga harus full.

"Baterai harus full, apalagi kalau pas Soundrenaline kan itu seharian. Memori kalau bisa kosongin dulu. Sama kalau pakai DSLR sering sering back up lah, jangan numpuk fotonya," sarannya.

6. Manfaatkan Teknologi Kamera Ponsel

Ardi sudah menjajal memotret beberapa konser menggunakan ponsel. Ia memakai Oppo Reno 10x zoom yang punya lensa periskop sehingga zoom bisa tetap jernih sampai 10 kali pembesaran.

"Sangat membantu ya Oppo Reno 10x zoom ini. Apalagi pas konser dateng belakangan. Salah satu cara 'mendekati' musisi dengan Reno 10x ini," tandas Ardi.

Menurut Ardi, sensor kamera ponsel masa kini makin bagus dan memuaskan bagi orang-orang yang ingin menonton konser karena biasanya, konser besar tidak memperbolehkan penonton membawa kamera DSLR.

"Dengan kondisi teknologi apalagi sensor kamera handpone makin bagus dan kebutuhan sekarang itu untuk eksis, pergi ke konser, syukur bisa selfie sama musisi," sebutnya.



Workshop dengan Ardi sebagai pemateri tersebut ternyata banyak diminati oleh Oppo fans. Dengan materi foto konser dan hasil jepretan Ardi yang ditampilkan pada layar membuat pengunjung makin penasaran memotret konser dengan smartphone.

Simak Video "Penjualan Oppo Reno 10x Zoom Lebih Laris dari Find X "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed