Senin, 28 Jan 2019 18:11 WIB

Gemerlapnya Jakarta dalam Bidikan Si Jagoan Foto Malam

Robi Setiawan - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Hobi fotografi kian diminati seiring dengan berkembangnya media sosial Instagram dan juga smartphone yang dibekali kemampuan mengambil foto yang semakin canggih. Sehingga semakin banyak orang yang tertarik dengan dunia fotografi.

Berburu foto tak hanya bisa dilakukan siang atau sore hari. Untuk kota besar seperti Jakarta, malam hari juga bisa digunakan untuk berburu landscape kota yang menjadi provinsi terpadat di Indonesia ini.

Pehobi fotografi bisa memanfaatkan gemerlapnya lampu gedung-gedung tinggi di Jakarta. Beberapa gedung di Jakarta bahkan punya pencahayaan yang membuat gedung tersebut tampak cantik pada malam hari, misalnya gedung-gedung di kawasan Semanggi.


Selain gedung tentu saja Jakarta punya hiruk pikuk kendaraan yang mengesankan ramainya Ibu Kota. Selain gedung masih ada beberapa spot ikonik yang bisa dijelajahi seperti Monas, Masjid Istiqlal dan yang sedang populer yakni Taman Lapangan Banteng.

Suasana Malam Jakarta dalam Bidikan SmartphoneFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk menghasilkan foto landscape malam hari yang baik, fotografer kondang, Rio Motret, punya tipsnya.

"Jadi kalau memang mau sempurna, apalagi mau mengambil keadaan landscape kayak begitu lebih baik dilengkapi dengan tripod kecil, atau alat bantu agar lebih steady," ungkap Rio kepada detikINET beberapa waktu lalu.

Suasana Malam Jakarta dalam Bidikan SmartphoneFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Agar foto lebih menarik, Rio juga menyarankan untuk mengombinasikan objek foto yang ada. Misalnya ketika hendak mengabadikan lampu gedung-gedung tinggi, bisa juga sambil memanfaatkan latar langit atau jalanan di sekitarnya.

Rio juga menyarankan pengambilan foto malam harus memperhatikan keadaan atau komposisi. Lebih teknisnya, bisa bermain dengan pengaturan white balance, ISO, dan shutter speed. Aturlah white balance menjadi lebih netral sesuai dengan warna atau cahaya pada objek foto.

Suasana Malam Jakarta dalam Bidikan SmartphoneFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

"Kalau kita mau ambil keadaan malam, antara harus push ISO, sementara ISO yang disediakan di smartphone kan enggak terlalu tinggi, paling sampai 4.800 saja, atau enggak kita main speed rendah," ungkapnya.


Walau bagaimana pun, perangkat yang mumpuni tetap merupakan salah satu faktor utamanya. Dalam hal ini diperlukan perangkat yang mendukung pengambilan foto dengan kondisi minim cahaya, khususnya pada malam hari.

Selain kamera digital profesional, pegiat fotografi juga bisa menggunakan smartphone yang mendukung pengambilan foto malam hari. Misalnya seperti OPPO R17 Pro yang disebut sebagai jagonya foto malam hari. (prf/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed