Bermain Refleksi Foto di Air, Cermin dan Acrylic

Tips Fotografi

Bermain Refleksi Foto di Air, Cermin dan Acrylic

Penulis: Enche Tjin - detikInet
Kamis, 19 Nov 2015 09:34 WIB
Jakarta -

Fotografi adalah bidang dua dimensi sedangkan dunia kita memiliki tiga dimensi, sehingga setiap fotografer memiliki tantangan bagaimana membuat foto terlihat lebih tiga dimensi. Salah satu cara adalah memanfaatkan refleksi/pantulan.

Refleksi dapat ditemukan di mana-mana, misalnya cermin, air, atau permukaan yang memantul seperti logam, kaca, keramik dan acrylic. Tapi yang populer untuk fotografi adalah air dan cermin.

Air dapat ditemukan di mana-mana, misalnya saat musim hujan, genangan air di jalan memantulkan gedung tinggi yang berada di atasnya. Di alam, fotografer menyukai danau karena dapat memantulkan warna langit dan gunung.

Untuk mendapatkan refleksi yang bagus, cuaca dan angin harus mendukung. Angin yang terlalu keras bertiup akan membuat pantulan air menjadi samar-samar. Idealnya memotret di pagi-pagi hari atau menjelang malam, saat danau masih tenang.

Coba gunakan teknik slow speed, yaitu mengunakan shutter speed yang lebih lambat dari biasanya (di atas 2 detik) untuk memuluskan permukaan air. Pastikan gunakan tripod supaya foto tetap tajam. Jika dibutuhkan, filter Graduated ND akan membantu menyeimbangkan cahaya di langit dan di permukaan airnya.

Foto ini dibuat dengan mengunakan teknik slow speed, dengan shutter 30 detik dan filter ND 10 stop sehingga pantulan air di kolam naga hitam di Yunnan ini terlihat lebih mulus.

Di daerah perkotaan, kita bisa memperhatikan cermin dan memanfaatkannya untuk menambah dimensi dalam foto. Contohnya seperti foto di bawah, kaca spion dan cermin di atas wastafel memberikan kesan dimensi yang lebih menarik.

Untuk foto portrait, refleksi juga dapat membuat foto lebih menarik, carilah permukaan dinding yang memiliki sifat memantul dan arahkan kamera sedemikian rupa supaya subjek foto dan bayangannya jelas.

Yang senang dengan foto makro/close-up, mungkin bisa mencoba memotret pagi-pagi atau setelah hujan, di daun-daun biasanya akan menempel butiran air atau embun yang merefleksikan subjek yang disekitarnya seperti bunga dan dedaunan.

Banyaklah mencoba dan bereksperimen dari segi sudut pengambilan/angle, dan bentuk pemantul, untuk mendapatkan hasil foto yang unik dan menarik.

 

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut. 
Yuk, belajar fotografi, editing dan ikut tur fotografi dengan infofotografi.com
.

(ash/ash)