Cara Bikin Siluet Foto Menawan Bermodalkan Perkakas Dapur

Tips Fotografi

Cara Bikin Siluet Foto Menawan Bermodalkan Perkakas Dapur

Ari Saputra - detikInet
Kamis, 01 Okt 2015 09:28 WIB
Jakarta - Pada pertunjukan wayang kulit, bayangan siluet wayang dari balik layar sangat dramatis, penuh intrik dan adegan-adegan yang tidak terduga. Terinspirasi dari situ, apa jadinya bila siluet ini diadopsi untuk aktivitas fotografi?

Pada pertunjukan wayang kulit, bayangan siluet wayang dari balik layar sangat dramatis, penuh intrik dan adegan-adegan yang tidak terduga. Siluet itu dihasilkan dari blencong -- lampu minyak yang tergantung di bagian atas kelir yang menyorot layar. Tiupan angin membuat bayangan lebih enerjik meski saat ini banyak ditinggalkan dan digantikan oleh teknologi yang lebih modern.

Terinspirasi dari wayang kulit itu, apa jadinya bila diadopsi untuk aktivitas fotografi? Yakni dengan mengganti blencong dengan lampu flash. Kemudian disorotkan kepada perkakas dapur yang mempunyai pola yang khas sehingga menghasilkan bayangan yang atraktif. Bayangan itulah yang bisa dieksplorasi menjadi sebuah ilusi fotografi yang tidak terduga.

Penasaran? Cobalah ambil beberapa perabot dapur yang mempunyai lobang baik garis atau titik. Pemotretan ini menyomot sutil/sodet, sarangan panci dan gerabah plastik tempat nasi. Sebagai eksperimen tambahan, sebuah raket nyamuk dipergunakan untuk menghasilkan jaring-jaring sesuai pola raket itu.

Anda bisa menambahkan dengan beragam alat di rumah sebagai difuser atau apapun yang membuat permainan bayangan dengan apik.

Di saat bersamaan siapkan meja yang representatif untuk panggung foto. Tidak perlu lebar-lebar sekitar 50cmx50cm saja sudah cukup. Kemudian tempatkan di ruang yang temaram, tidak terlampau terang atau gelap. Tidak lain untuk menghasilkan bayangan yang kuat/gelap.

Setelah semuanya siap, tinggal mencari model yang menarik untuk dijepret. Bisa orang atau benda. Pada contoh ini, vas bunga menjadi sesuatu yang klasik namun tetap menarik untuk dieksplore. Anda bisa menambahkan dengan berbagai subjek foto sesuai selera dan imajinasi.

Kemudian, waktunya menjadi 'dalang wayang kulit' dimulai. Yakni dengan meminta assisten Anda menyorot perkakas dapur dengan lampu flash smartphone sampai menghasilkan bayangan-bayangan yang jatuh di atas subjek foto. Gunakan imajinasi dan kreatifitas untuk membuat bayangan sesuai karakter dan drama yang diinginkan.

Jika kurang puas, kamera bisa ditaruh di atas tripod, gunakan self timer dan biarkan tangan Anda bermain bayangan-bayangan layaknya dalang. Sebelumnya, bisa menset kamera pada ISO rendah untuk menghindari noise atau grainy. Sementara untuk diafragma dan kecepatan dapat disesuaikan dengan intensitas cahaya yang diinginkan. Memanfaatkan fasilitas RAW juga tak ada salahnya untuk mendapatkan detil dan warna paling aktual.

Ulangi beberapakali hingga mendapatkan momen dan bayangan yang paling menarik. Setidaknya sesuai dengan komposisi dan angle terbaik dari yang bisa dilakukan. Akhiri dengan koreksi seperlunya di komputer seperti mengoreksi warna atau croping minor.

Selamat mencoba!

(Ari/rou)