Galaxy S6 Edge: Cantik dan Mematikan! - Halaman 3

Hands-on

Galaxy S6 Edge: Cantik dan Mematikan!

Ardhi Suryadhi - detikInet
Selasa, 03 Mar 2015 09:19 WIB
Halaman ke 3 dari 6
Galaxy S6 Edge: Cantik dan Mematikan!

"Galaxy S6 merupakan jagoan low light," sesumbar Justin Denison, Vice President Product Strategy & Marketing Team Samsung Electronics America saat melakukan presentasi di atas panggung.

Sontak saja, pernyataan Justin itu melecut rasa penasaran yang lebih dalam audiens yang hadir untuk segera membuktikannya. Ternyata Justin sudah menyiapkan amunisi untuk membuktikan ucapannya itu. Ia kemudian menunjukkan hasil jepretan Galaxy S6 untuk diadu dengan iPhone 6 Plus.

Terlihat pada layar besar di depan panggung, gambar yang diambil oleh iPhone 6 terlihat gelap dalam kondisi low light. Di sampingnya, hasil pemotretan oleh Galaxy S6 punya gambar jauh lebih oke.

Selanjutnya -- masih soal kamera -- adalah kemampuan merekam video kedua ponsel premium ini yang dibandingkan. Dan lagi-lagi, iPhone 6 kalah telak. Hasil video yang direkam dalam kondisi temaram itu bukan lagi kurang cahaya, tapi gelap, pasangan yang menjadi obyek video bahkan tak kelihatan. Jauh berbeda saat hasil video dari Galaxy S6 yang terlihat jelas, meski pengambilan gambar dilakukan pada malam hari.

Melihat perbandingan yang telah disiapkan Justin beberapa orang pasti tetap saja ada yang masih tak percaya sembari berujar, "Ah, itu kan sudah disiapkan dari awal, mungkin settingan".

Untuk membuktikannya, detikINET kemudian mencoba menjajal sendiri kemampuan kamera Galaxy S6 Edge. Untuk pemotretan dalam kondisi standar di dalam ruangan, jangan ditanya, bisa dilibas dengan lancar. Pengujian kemudian berlangsung dalam setting ruangan tanpa cahaya.

Caranya dengan membuat kotak khusus yang di dalamnya terdapat obyek foto berupa diorama motor dan lampu taman. Untuk mengambil gambar disediakan lobang kecil agar kamera ponsel bisa mengeker obyek. Hasilnya, Galaxy S6 bisa meringkus obyek foto dari kondisi gelap gulita di dalam kotak secara apik.



Pengujian berlanjut pada fitur tracking AF di kamera S6 Edge. Caranya ada obyek bergerak terus menerus, tak perlu diberi aba-aba (dengan cara men-tap obyek) maka mata kamera perangkat ini sudah langsung membidik mengikuti gerakan tak beraturan tersebut. Jepret! Sejurus kemudian obyek yang terus bergerak itu dapat diabadikan.

Kini giliran selfie. Terdengar biasa memang, tetapi jika hasilnya tak biasa tentu ini menjadi hal yang luar biasa. Kamera belakang S6 Edge berkapasitas 16 megapixel, sedangkan kamera depan 'cuma' 5 megapixel. Ya, terlihat tak begitu wah memang kamera depannya.

Eitss... Tapi jangan salah. Lihat dulu kemampuannya. Hasil jepretan kamera depan S6 Edge jauh dari perkiraan. Begitu mulus. Kedua kamera S6 Edge (depan-belakang) memang diklaim tajam, handal dan cepat. Dengan lensa F1.9 dan sensor beresolusi tinggi, kamera dari ponsel mampu memberikan tampilan gambar oke, bahkan pada kondisi gelap sekalipun.




Dengan tambahan Auto Real-time High Dynamic Range (HDR), Smart Optical Image Stabilization (OIS) dan IR Detect White Balance memberikan sensitivitas ringa.

Selain itu fitur Quick Launch memberikan pengguna akses langsung dan cepat ke kamera dari layar hanya dalam 0,7 detik. Caranya tinggal tekan dua kali (double click) pada tombol utama.

(rou/rou)
Halaman Selanjutnya
(rou/rou)