Canon 70D: Paket Komplet dalam Genggaman, Tapi...

Review Produk

Canon 70D: Paket Komplet dalam Genggaman, Tapi...

- detikInet
Rabu, 08 Okt 2014 19:10 WIB
Halaman ke 1 dari 4
Canon 70D: Paket Komplet dalam Genggaman, Tapi...
Canon 70D (enchetjin)
Jakarta -

Sekitar enam tahun yang lalu, sehari-hari saya mengunakan Canon 40D untuk bekerja selama kurang lebih selama dua tahun. Saya menyukainya karena kinerjanya yang cepat, kualitas warna dan fisiknya yang kokoh.

Waktu telah berlalu dan kini 40D sudah diperbaharui beberapa kali, dari 50D, 60D, dan yang saat ini saya uji adalah Canon 70D. Banyak perubahan dalam desain dan peningkatan teknologi dari Canon EOS 40D ke 70D.

Kini, Canon 70D memiliki image sensor 20 MP dengan prosesor DIGIC 5+ yang cepat, dan kinerja foto berturut-turutnya mencapai 7 foto per detik. Sistem autofokusnya diwariskan dari kamera yang kelasnya lebih canggih yaitu 7D. Sistem 19 titik autofokus untuk yang cepat cocok untuk foto aksi, satwa dan olahraga.

Selain menerima warisan teknologi dari kamera sebelumnya, 70D merupakan kamera pertama Canon yang memiliki teknologi Dual Pixel Autofokus, yang memungkinkan kecepatan autofokus yang cepat dan tidak hunting (mencari fokus bolak-balik) saat live view (komposisi di layar monitor kamera) dan saat merekam video. Layar 70D juga sudah touchscreen, sehingga fleksibel untuk memotret dengan sudut yang tidak biasa (low dan high angle).

Canon EOS 70D dirancang untuk fotografer serius/semi-pro, dari fisiknya terlihat agak besar, dipenuhi oleh tombol-tombol, roda kendali dan tuas untuk memudahkan dan mempercepat untuk mengganti setting di lapangan. Juga ada layar LCD tambahan di bagian atas kamera untuk memudahkan melihat setting dan menghemat baterai.

Kesan pertama saya saat menggenggam kamera ini adalah ukurannya tidak terlalu besar, dan juga tidak terlalu berat. Bodi kamera yang sekitar 750 gram memang tidak ringan, tapi terasa mantap di tangan dan tripod.

Sayangnya, seperti Canon 60D, bahan casing kamera ini dari polycarbonate resin (sejenis plastik keras) yang terasa kurang tangguh dibandingkan dengan kamera pendahulunya seperti 40D, 50D atau 7D yang bahannya dari logam magnesium alloy. Meskipun hal ini bisa saya maklumi karena ini adalah salah satu upaya Canon demi menekan berat kamera dan supaya harganya lebih terjangkau.

Halaman Selanjutnya
(ash/ash)