Samsung NX3000: Tampang Retro yang Asyik Diajak Selfie

Review Produk

Samsung NX3000: Tampang Retro yang Asyik Diajak Selfie

- detikInet
Kamis, 24 Jul 2014 12:16 WIB
Halaman ke 1 dari 4
Samsung NX3000: Tampang Retro yang Asyik Diajak Selfie
Samsung NX3000 (enchetjin)
Jakarta -

Samsung NX3000 adalah kamera mirrorless Samsung yang ditujukan untuk pemula dan masyarakat awam yang membutuhkan kamera yang lebih berkualitas daripada kamera saku.

Sensor gambar yang ada di kamera ini setara dengan sensor yang digunakan di kamera DSLR. Karena termasuk sistem kamera, maka pengguna juga bisa berganti lensa sesuai kebutuhan dan hasil foto yang ingin didapatkan.

Desain

Desain Samsung NX3000 bergaya retro atau kamera rangefinder zaman film, bagian atas kamera terbuat dari casing tipis, ada hotshoe untuk flash/aksesoris dan roda mode dial, ada tombol on/off dan mobile (untuk WiFI dan lainnya).

Bahan untuk bagian atas kamera ini sangat bagus dan terbuat dari logam. Untuk bagian bawahnya, materialnya dari plastik bertekstur. Tersedia beberapa warna, salah satunya coklat yang kalau dari jauh terlihat seperti kulit.

Kamera ini relatif kecil dan ringan karena hanya 230 gram. Dan merupakan salah satu kamera yang paling nyaman untuk digenggam.

Meskipun kamera ini termasuk untuk pemula, banyak tombol yang tersedia untuk akses cepat, sehingga mengganti setting tidak perlu sering masuk ke menu.



Tombol-tombol yang tersedia antara lain: Fn (semacam quick menu), Mode AF, drive mode, display, custom menu (bisa diprogram), playback (untuk meninjau gambar).

Selain itu, di bagian lensa ada tombol i-Fn, yang memungkinkan kita untuk mengubah setting seperti bukaan, ISO, white balance dan kompensasi eksposur dengan memutar ring fokus di lensa.



Tidak biasanya kamera tingkat pemula memberikan banyak tombol dan roda untuk mengganti setting seperti NX3000. Maka dari itu, fotografer berpengalaman juga akan senang mengunakannya. Karena tombol-tombol semuanya berada di sebelah kanan kamera, maka mengubah setting bisa digunakan dengan satu tangan.

Mengakomodir peminat selfie (potret diri), layar LCD NX3000 bisa diputar ke atas 180 derajat. Layar LCD-nya cukup besar yaitu 3 inch dan jelas, tapi resolusinya bukan standar yang terbaik saat ini.

Resolusi LCD-nya 460.000 titik. Sedangkan di kamera menengah dan canggih biasanya mengunakan layar LCD 900.000 atau 1 juta titik.

Layar juga tidak touchscreen jadi tidak bisa mengganti setting atau area fokus dengan menyentuh layar LCD secara langsung. Uniknya, jika layar dilipat ke atas, kamera akan otomatis menyala tanpa harus menekan tombol on.

Yang agak unik bagi saya adalah Samsung mengunakan baterai yang bentuknya pipih seperti ponsel, kapasitasnya cukup besar yaitu 2330 mAh sehingga cukup untuk jalan-jalan sehari penuh. Jenis baterai ini lebih besar dari Samsung NX300 yang kapasitasnya hanya 1130 mah.

Baterai berkapasitas penuh dapat digunakan untuk motret 370 kali jepret. Untuk tour fotografi yang motret dari sunrise sampai sunset, sebaiknya mempersiapkan 1-2 baterai cadangan. Kartu memori yang digunakan juga unik, yaitu micro SD.

Sayangnya kamera ini tidak bisa menerima memory card SD. Jadi yang sudah memiliki banyak kartu SD tidak bisa dipasang di kamera ini. Untuk men-charge baterainya, Samsung menyediakan kabel langsung charge melalui kamera. Sayangnya tidak disediakan external charger.

Halaman Selanjutnya
(ash/ash)