Samsung NX30: Mirrorless Pintar dengan Cita Rasa DSLR

Review Produk

Samsung NX30: Mirrorless Pintar dengan Cita Rasa DSLR

- detikInet
Kamis, 24 Apr 2014 13:53 WIB
Halaman ke 1 dari 14
Samsung NX30: Mirrorless Pintar dengan Cita Rasa DSLR
Jakarta - Samsung NX30 merupakan kamera digital mirrorless yang dirancang untuk penggemar fotografer amatir yang cukup lengkap fitur-fiturnya.

Desain kamera ini mirip dengan kamera DSLR, NX30 memiliki jendela bidik elektronik yang berada di bagian atas kamera seperti kamera DSLR, dan pegangan/grip yang menonjol di bagian kanan kamera.

Berat badan kamera sekitar 430 gram. Relatif ringan dibandingkan kamera DSLR pada umumnya yang berkisar antara 600 gram sampai 1 kg.

Dari pengalaman menguji kamera ini selama 1-2 minggu ini, dan sebagai pengguna yang mengunakan kamera DSLR, memegang NX30 tidak terasa asing.

Untuk tangan orang Asia seperti saya, ukuran pegangannya pas. Saat memegang kamera, tidak ada jari yang menggantung. Bagi saya, desain badan kamera NX30 ini sangat baik dan seimbang saat memasang lensa zoom pendek maupun zoom panjang.

Ada dua hal yang menonjol dari kamera ini jika dilihat di bagian belakangnya, yaitu jendela bidiknya yang bisa ditarik dan diarahkan ke atas, dan layar LCD 3 inch yang lebar. Layar LCD NX30 ini bisa diputar dan memiliki teknologi AMOLED.

Di luar ruangan, layar LCD ini sangat jelas dan terang, kualitas jendela bidik juga baik. Hanya kalau cahaya lingkungan gelap, layar LCD mulai menampakkan titik-titik/noise dan refresh ratenya menjadi lebih lambat.

Sayangnya, akibat layar LCD yang terlalu lebar ukurannya, membuat tombol-tombol menjadi kecil. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah jika pengguna memiliki jari yang kecil, tapi bagi saya, ukuran tombol-tombol kamera ini sedikit terlalu mungil.

Casing kamera juga cukup berkualitas, sebagian besar dari logam, hanya sebagian kecil dari plastik, yang saya sesalkan adalah bagian yang terbuat dari plastik itu sering digunakan, yaitu roda kendali belakang dan tombol shutter (tombol jepret). Berikut review lengkapnya:




Halaman Selanjutnya
(ash/ash)