Sony NEX-5N: Fokus Cepat & Minim Noise

Review Produk

Sony NEX-5N: Fokus Cepat & Minim Noise

- detikInet
Kamis, 16 Feb 2012 16:58 WIB
Jakarta - Ini dia kamera yang banyak mendapat respon positif dari konsumen. Sony NEX-5N, kamera kategori mirrorless yang berperforma baik, terutama di kondisi pemotretan minim cahaya. Mari kita ulik lebih dalam kamera yang sanggup menyaingi kualitas DSLR ini.

Desain
Ditilik dari desainnya, terlihat dia sangat ergonomis dan stylish, tidak berbeda dengan seri pendahulunya, NEX-5. Di bagian atas terdapat tombol switch on/off, tombol untuk perekaman film dan tombol display. Kemudian ada hotshoe untuk aksesoris tambahan berupa viewfinder dan flash.
 


Layarnya yang berukuran 3.0 inch mengusung desain tilt, di mana ia memudahkan pengguna untuk mengambil gambar dari low maupun high angle.




Layar ini sudah dibekali dengan teknologi layar sentuh. Namun bagi yang tidak terlalu menyukai layar sentuh, kamera ini juga memiliki tombol putar. Selain tombol putar, terdapat pula 2 tombol di samping layar yang berfungsi untuk mengaktifkan mode kamera dan instruksi pemotretan.
 


Pengoperasian
Dengan 2 pilihan pengoperasian, yakni melalui layar sentuh dan tombol putar, tentu pengguna akan dimudahkan untuk melakukan pengaturan. Ya, kamera mirrorless memang mengisi jarak antara kamera compact dan DSLR sehingga pengaturan-pengaturan yang ada di kamera profesional pun diboyong di sini. Menelusuri menu yang ada di LCD ini, detikINET tidak mengalami kesulitan karena ia cukup responsif.

Fitur
Kamera mungil ini mengusung fitur yang komplit. Bagi yang terbiasa memakai DSLR maka pengguna pasti akan terbiasa dengan fitur White Balance, Exposure, Speed dan Aperture. Ya semuanya ada di sini. Pun juga untuk pilihan Picture Effectnya sangat bervariasi dari mulai Pop, Toy Norm, Rtro, dan masih banyak lagi. Hasil foto yang dihasilkan tidak mengecewakan.

Shoot Mode
Selain memiliki mode' standart' yakni P, A, S dan M, Nex-5N juga dilengkapi dengan Intelligent Auto. Ia sangat membantu pengguna untuk tak kerepotan memilih mode atau melakukan pengaturan saat akan memotret. Semuanya murni diatur oleh kamera.
 


Opsi Scene Selection juga terdapat di kamera di mana ia memudahkan pengguna memilih mode sesuai dengan kondisi dan objek pemotretan. Sweep Panorama untuk menangkap gambar dengan lebih lebar serta Anti Motion Blur untuk mengurangi blur karena guncangan kamera sudah melengkapi.

Performa
Membuktikan bahwa kamera seri ini sukses di pasaran, detikINET mencobanya untuk melakukan pemotretan di berbagai situasi. Dan memang benar, ia memiliki performa yang menawan, terutama di kondisi gelap (low-light). Dengan memakai ISO di angka 6.400 misalnya, noise yang muncul masih bisa diterima. Detail fotopun tidak terganggu dan masih terlihat jelas.
 

(ISO 6.400, f4.0, 1/10)

Pilihan ISO yang ada di sini dimuali dari 100-25600 sehingga pengguna akan dimudahkan untuk mengatur pencahayaan yang tepat dalam berbagai kondisi. Berbicara mengenai shutter lag, dipastikan pengguna tak akan terganggu dengan adanya jeda antara saat memencet tombol bidik dengan suara 'klik'.
 

(ISO 250, f5.0, 1/80)

Begitu juga dengan fitur 'fokus dengan sentuhan', pengguna bisa menentukan fokus dengan hanya melakukan tab di layar. Ia berfungsi dengan baik, tak hanya di kondisi cukup cahaya, melainkan di malam hari juga, pencarian fokusnya tidak memakan waktu.
 


Video
Menawarkan resolusi full HD, Sony NEX 5N mampu melakukan perekaman 60fps. Untuk yang 'serius' membuat video, opsi exposure, program, aperture-priority, shutter-priority hingga manual bisa diaplikasikan.

Kesimpulan
Untuk kamera yang memakai sensor APS-C, jenis sensor yang bisa dijumpai di kamera jajaran DSLR, pengguna tak perlu mengkhawatirkan hasil jepretannya. Yang menonjol dari apa yang ditawarkan Sony Nex-5N adalah kinerjanya yang sangat mumpuni di kondisi gelap. Fokus cepat, dan noise yang dihasilkan tidak mengganggu. Dengan harga sekitar Rp 6,7 juta, kamera ini memang mahal, tapi layak untuk dimiliki.

Kelebihan:
- Baterai tahan lama
- Desain menarik
- Warna tajam
- Minim noise

Kekurangan:
- Harga mahal
 


Spesifikasi kunci Sony NEX-5N :
Sensor: APS-C sensor
Resolution : 16.10 Megapixels
Kit Lens : 3.00x zoom, 18-55mm (27-83mm eq.)
Viewfinder : LCD
LCD Size : 3.0 inch
ISO : 100-25600
Shutter : 30-1/4000
Max Aperture : 3.5
Dimensions : 4.4 x 2.3 x 1.5 in.
(111 x 59 x 38 mm)
Weight : 465 g


Foto-foto koleksi detikINET. Model: Atria Loni Harini
 
(sha/ash)