Zoom Panjang di Body Tipis Elph 510 HS

Review Product

Zoom Panjang di Body Tipis Elph 510 HS

- detikInet
Jumat, 11 Nov 2011 15:30 WIB
Jakarta - Satu lagi kamera compact dengan kemampuan zoom yang memukau dari pabrikan asal Jepang, Canon. Canon PowerShot Elph 510 HS didesain dengan zoom panjang di bodynya yang tipis untuk memudahkan traveller mengabadikan obyek dengan lincah.

510 HS dibekali dengan sensor CMOS berkekuatan 12 MP dengan lensa wide-angle 28mm. Ia memiliki kemampuan zoom sampai 12x sehingga pengguna bisa menangkap obyek di kejauhan dengan lebih baik.

LCD

Hasil dari bidikan pengguna bisa ditilik di LCD dengan layar sentuh seluas 3.2 inch yang memenuhi body belakang kamera. Layarnya sendiri sudah memiliki high-resolution dan touch screennya lumayan responsif.



Kustomisasi layout dimungkinkan di sini sehingga pengguna dapat mengatur ulang layar utamanya. Namun jika ingin akses yang lebih cepat ke ISO atau white balance, user bisa menambahkan ikon tersebut di layar.


ISO

Untuk kualitas foto, dengan memakai ISO 400 dan 800, noise yang terdapat di foto masih dapat ditolerir karena ia seimbang dengan noise reduction yang dimiliki 51O HS. Saat memakai ISO 800, pengguna bisa mendapatkan warna serta detail yang apik, namun saat beranjak ke ISO 1600 dan 3200, subyek terlihat sangat soft dan detailnya berkurang.

Kualitas Video

510 HS sudah mampu merekam video berkualitas full HD 1080 dengan perekaman 24 fps. Hanya saja ketika pengguna memakai lensa zoom saat proses perekaman, ia bekerja sangat lamban.

Bila ingin mengabadikan peristiwa dengan slow motion, Canon sudah menyediakan Super Slow Motion di kameranya yang merekam 120 fps atau 240 fps meski ia harus mengorbankan kualitas videonya menjadi 640x480 atau 320x240.

Mode Shooting

Berbagai mode shooting ditawarkan Canon di 510 HSnya selain mode Auto dan Program sehingga pengguna bisa menyesuaikan settingan kamera dengan kondisi di lokasi pemotretan. Ada Portrait, Kids & Pets, Handheld Night Scene, Best Image Selection, High-Speed Burst, Low Light, Beach, Foliage, Snow, Fireworks serta Long Shutter.

Opsi lain yang tak kalah menariknya adalah Smart Shutter yang memungkinkan pengaktifan shutter hanya melalui senyuman. Ia bekerja sebaik Wink dan Face Detection.

Fitur ini mempersilakan pengguna untuk membunyikan shutter dengan kedipan (wink). Kemudian dengan Face Detection, kamera akan mendeteksi wajah baru di depan lensa, sebelum ia menjepret. Semuanya berfungsi dengan mulus.

Creative Shooting

Canon memanjakan penggunanya yang ingin menambahkan efek di fotonya dengan memberikan opsi Color Accent, Color Swap, Toy Camera, Monochrome, Miniature Effect, Fish-eye Effect, Super Vivid serta Poster Effect. Efek-efek ini mencegah pengguna bosan akan foto yang itu-itu saja. Efek inipun ternyata juga bisa dipakai saat perekaman film.

Continous Shooting

Dalam kondisi continous shooting, Canon HS merekam 3.3 frame per detik dengan fokus dan exposure yang sebelumnya telah disetting. Continous shooting juga bisa dilakukan dengan AF, namun konsekuensinya ia akan memperlambat bidikan hingga 0.8 fps.



Pemotretan yang terus-menerius (continuous shooting) cocok dipakai saat akan memotret pergerakan anak kecil, binatang atau saat menyaksikan pertandingan olahraga dengan syarat kondisi cahaya cukup dan memakai zoom. Zoom lebih baik jangan dipakai di dalam ruangan (indoor) karena hasilnya akan blur dan mengecewakan.

Body Kamera

Kamera ini dibalut bahan metal walaupun bagian depannya agak mengecewakan karena mudah meninggalkan jejak sidik jari plus tidak ada grip untuk memudahkan genggaman. Slot untuk Mini-USB dan port HDMI bisa ditemui di bagian kanan body, sedang untuk baterai dan kartu memory terletak di bagian bottom.

Kesimpulan:

Jika Anda menginginkan kamera yang tipis dengan zoom yang panjang, Canon PowerShot 510 HS cocok dialokasikan di daftar beli Anda. Mudah digunakan dan banyaknya pilihan shooting menjadi salah satu keunggulan kamera ini. Ia hadir dengan harga mulai USD 309 atau Rp 2,7 juta (1 USD=Rp 8.985).




Fitur Kunci Canon PowerShot 510 HS:

Dimensions : 2.3 x 3.9 x 0.9 inches
Weight : 7.3 oz
Type : Superzoom
Megapixels : 12.1 MP
Sensor Type : CMOS
Sensor Size : 6.2 x 4.6 (1/2.3") mm
Media Format : Secure Digital, Secure Digital High Capacity, Secure Digital Extended Capacity
Battery Type : Supported Lithium Ion
Maximum ISO : 3200
35-mm Equivalent (Wide) : 28 mm
35-mm Equivalent (Telephoto) : 336 mm
Optical Zoom : 12 x
Image Stabilization : Optical
Touch Screen : Yes
LCD size : 3.2 inches
LCD dots 4: 61000
LCD Aspect Ratio : 16:9
Viewfinder Type : None
Video Resolution : 720p, 1080p
Interface Ports : mini USB, mini HDMI
GPS No
Boot time : 3 seconds
Recycle time : 0.63 seconds
Shutter Lag : 0.4 seconds
Lines Per Picture Height: 1875


(sha/fyk)