Sony A7R V Dirlis di Indonesia, Harganya Rp 60 Juta

Sony A7R V Dirlis di Indonesia, Harganya Rp 60 Juta

ADVERTISEMENT

Sony A7R V Dirlis di Indonesia, Harganya Rp 60 Juta

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 15 Nov 2022 22:03 WIB
Sony A7R V
Foto: Dok. Sony
Jakarta -

Sony memboyong kamera mirrorless flagship terbarunya ke Indonesia, yaitu A7R V, yang merupakan penerus A7R IV keluaran 2019 lalu.

Kemampuan baru paling menarik dari kamera mirrorless ini adalah pemanfaatan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk mengenali subjek tertentu, dari mulai hewan sampai kendaraan bermotor.

Untuk kemampuan AI ini, A7R V dibekali chip khusus, dan AI ini pun bisa meningkatkan kemampuan autofokusnya. Selain AI, A7R V juga mempunyai prosesor gambar baru, yaitu BIONZ XR. Kedua chip ini menjadi 'pelayan' untuk sensor 61MP yang dipakai di kamera ini.

Kombinasi sensor resolusi tinggi dan prosesor ini diklaim Sony menjadi terobosan baru dalam pengenalan subjek, serta pengambilan gambar untuk fotografi dan videografi.

"Pada umumnya, para pengguna kami menggunakan kamera untuk melakukan fotografi portrait, landscape dan wedding. Kini, minat dan kebutuhan para pelanggan untuk genre fotografi tersebut semakin berkembang, dimana mereka ingin bereksplorasi untuk mencoba hal-hal baru dengan melakukan fotografi menggunakan subjek yang semakin bervariasi, termasuk serangga, hewan, dan kegiatan olahraga," jelas Koji Sekiguchi, Direktur Sony Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (15/11/2022).

"Untuk menjawab kebutuhan para pelanggan, Sony mengembangkan kamera pendahulu dari seri R, yaitu Alpha 7R IV, dan menghadirkan kamera terbaru, Alpha 7R V. Harapannya, kamera terbaru ini dapat menunjang kebutuhan para fotografer dan videografer dalam mencoba hal baru dengan pengalaman pencitraan beresolusi tinggi yang baru," tambahnya.

Sistem stabilisasi gambar di A7R V diklaim efektif menghasilkan kompensasi getaran hingga 8 stop, juga dilengkapi output video 8K, monitor multi angle 4 axis, dan berbagai fitur lain yang diklaim membuat kamera ini cocok untuk para profesional, terutama yang membutuhkan kamera dengan resolusi tinggi.

Beberapa format video yang didukung oleh A7R V ini adalah video 8K 24/25p, video 4K oversampled dari 6,2K tanpa binning, codec MPEG-H HEVC/H.265 efisiensi tinggi, perekaman intra, dan perekaman 10-bit 4:2:2.

Media perekaman yang didukung adalah CFexpress type A/SDXC, dan tersedia dua slot kartu memori. Konektivitas yang didukung adalah WiFi AC 2x2 MIMOO dan koneksi kabel USB-C 10Gbps.

Selain memungkinkan pengambilan gambar jarak jauh yang efisien serta transfer file foto dan film, fitur streaming USB baru mendukung UVC/UAC, sehingga memungkinkan streaming langsung dari kamera, bahkan dalam resolusi 4K (QFHD) dan dengan audio.

Sony A7R V akan tersedia di Indonesia mulai Desember 2022 dengan harga Rp 59.999.000, dan pre order bisa dilakukan mulai tanggal 15 November sampai 4 Desember 2022.



Simak Video "Sony XPeria 5 IV Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT