Perang Rusia Ukraina Bikin Produksi Kamera Sulit

ADVERTISEMENT

Perang Rusia Ukraina Bikin Produksi Kamera Sulit

Enche Tjin - detikInet
Jumat, 15 Apr 2022 08:07 WIB
fotografer kamera
Foto: Unspslah
Jakarta -

Kelangkaan chip shortage yang mempengaruhi produksi alat-alat elektronik termasuk kamera dan lensa dikabarkan akan terus berlanjut lebih panjang lagi karena perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung saat ini.

Sebenarnya kelangkaan chip ini sudah mulai terasa di masa pandemi COVID-19 di mana rantai pasokan antar negara terhambat karena kebijakan pembatasan sosial dan karantina wilayah (lockdown). Pabrikan kamera pun cepat lambat harus memprioritaskan model apa yang tetap diproduksi dan yang mana yang perlu dihentikan.

Di bulan November 2021 yang lalu, pabrikan kamera ternama Sony dengan berat hati harus memutuskan untuk menghentikan sementara beberapa produksi beberapa type kamera seperti Sony A7II, Sony A6400 dan Sony A6100.

Kamera yang relatif baru seperti Sony Z-VE-10 yang dirilis bulan September 2021 yang lalu juga masih sulit ditemukan.

Kelangkaan ini diperparah dengan perang Rusia-Ukraina yang terus berlangsung. Tidak dinyana, Ukraina merupakan salah satu pengekspor gas neon yang berperan penting dalam pembuatan chip.

Produksi gas neon murni diproduksi oleh beberapa perusahaan di Ukraina yang berbasis di kota pelabuhan Mariupol dan Odesa, yang sampai saat ini masih dalam kondisi perang. Efek dari perang ini diperkirakan akan mulai terasa dalam beberapa bulan ke depan.

Dampak chip shortage untuk pabrikan kamera dan fotografer

Kelangkaan chip ini akan melanda semua pabrikan elektronik, termasuk fotografer maka dari itu kamera baru kemungkinan akan ditunda atau dijual dalam jumlah yang terbatas dan pengurangan model-model yang dianggap sudah lawas, tidak begitu laris dan kamera entry-level.

Pabrikan kamera akan memprioritaskan produksi kamera dan lensa high-end yang memiliki margin profit yang lebih tinggi daripada mengejar volume/jumlah unit dan pangsa pasar. Pembaharuan kamera juga akan lebih lambat, misalnya dari siklus dua atau empat tahun, menjadi lebih panjang.

Fotografer yang membutuhkan kamera dan lensa baru untuk hobi maupun pekerjaan sebaiknya memesan gear yang dibutuhkan jauh-jauh hari sebelum membutuhkan. Chip shortage yang berkepanjangan juga berarti harga kamera dan lensa baru yang lebih tinggi.

Dengan kelangkaan dan harga kamera baru yang semakin menanjak, pasar kamera dan lensa bekas sepertinya akan semakin bergairah akhir tahun ini sampai beberapa tahun ke depan.



Simak Video "Salam Perpisahan Pasukan Cadangan Rusia dengan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT