Fotografer Martha Suherman Bagikan Tips Memotret Ciamik #DiRumahAja

Fotografer Martha Suherman Bagikan Tips Memotret Ciamik #DiRumahAja

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Jumat, 15 Mei 2020 13:10 WIB
Martha Suherman
Foto: Dok. YouTube/Martha Suherman
Jakarta -

Aktivitas fotografi dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini cukup terbatas. Hal itu karena adanya imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah saja bagi masyarakat yang tidak memiliki kepentingan.

Meskipun begitu, bukan berarti passion dalam dunia fotografi harus ikut dikorbankan. Masih banyak cara untuk menyalurkan hobby memotret yang bisa digeluti meski di rumah saja.

Contohnya seperti beberapa tips fotografi yang dibagikan oleh fotografer profesional Martha Suherman dalam memotret objek-objek yang ada di rumah. Martha adalah seorang fotografer yang sudah berkecimpung selama 20 tahun dalam dunia fotografi, sejak saat ia berkuliah di jurusan desain komunikasi visual pada tahun 2000 silam.

Dari channel YouTube pribadinya, banyak tips memotret ciamik di rumah aja yang dibagikan oleh Martha. Seperti saat memotret ikan cupang. Objek yang tampak biasa ini ketika dipotret dengan kreativitas akan menghasilkan karya seni yang memukau.

Martha SuhermanMartha Suherman Foto: Dok. YouTube/Martha Suherman

Dalam memotret ikan cupang ini Martha menyarankan untuk menyimpannya pada akuarium yang berbentuk kotak. Ikan kemudian dipotret saat melebarkan siripnya agar pose ikan terlihat dinamis.

"Tujuannya adalah supaya dia berenangnya tidak jauh ke belakang (hanya berenang ke kiri dan belakang), sehingga kita pengaturan untuk aperture-nya akan lebih mudah," ungkap Martha dikutip dari Channel YouTube, Jumat (15/5/2020).

Selain itu, Martha juga mengungkapkan peluang bisnis dari memotret cupang, bisa dimanfaatkan bagi para peternak sebagai bentuk promosi.

"Memotret cupang ini juga berguna untuk teman-teman yang berjualan ikan cupang dan menternakkan ikan cupang atau berjualan ikan cupang. Jadi bisa dijualkan online di internet (sebagai promosi)," ungkapnya.

Martha SuhermanMartha Suherman Foto: Dok. YouTube/Martha Suherman

Menurutnya, dengan memotret komoditas usaha dan memasangnya di media online, maka usaha tradisional dapat bertransisi menjadi usaha digital. Contohnya ketika Martha membagikan tips memotret foto produk berupa makanan yang ciamik untuk online shop.

"Sekarang ini karena lagi masa PSBB kayak gini, otomatis semua orang pengen belinya online. Kita tuh harus punya gambar foto makanan yang mewakili dan kelihatan enak pastinya jadi orang terpancing untuk beli makanannya," ungkapnya.

Tipsnya pun sederhana untuk dicerna, misalnya menggunakan background netral dan foto produk
yang berdiri sendiri karena sebagai foto katalog produk ketika berjualan. Lalu saat memotret produk pakaian, harus juga dilampirkan foto mengenai detail dari pakaian tersebut.

Hal itu akan memberikan informasi lebih kepada konsumen yang melihat produk, sehingga mereka bisa lebih mempercayai produk yang dijual karena informasi yang diberikan sesuai kenyataan.

Martha SuhermanMartha Suherman Foto: Dok. YouTube/Martha Suherman

Ada juga beberapa tips memotret dengan hanya menggunakan smartphone yang Martha bagikan. Seperti mengenali layar smartphone apakah layar tersebut IPS atau AMOLED yang bisa saja mempengaruhi foto yang diambil. Bisa juga settingan menggunakan pro mode di smartphone sehingga bisa mengatur aperture, ISO, dan lainnya secara manual.

"Tapi kalau misalkan teman-teman di smartphone-nya belum ada pro mode bisa dicari aplikasi yang bisa di download untuk memaksimalkan smartphone itu sendiri. Lalu kita juga harus tahu apa itu komposisi, karena apa pun kameranya komposisi itu adalah unsur yang paling penting di fotografi," ujarnya.

Namun, Martha menjelaskan seni fotografi tidak terlalu bergantung dengan hardware-nya, akan tetapi lebih kepada bagaimana cahaya mempengaruhi potret yang diambil.

"Fotografi itu adalah cahaya. Jadi kalau teman-teman tahu asal katanya, bahwa fotografi adalah melukis dengan cahaya. Artinya kita harus mengenali cahaya itu sendiri, cahaya itu yang membedakan hasil fotografi kamu bagus atau tidak," jelas Martha.

Martha pun melihat seiring dengan perkembangan dunia saat ini, fotografi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Sehingga semua orang perlu minimal menguasai dasar-dasar dari seni fotografi.

Untuk mempelajari dasar-dasar fotografi dan mencoba aktivitas fotografi di rumah saja, kunjungi kanal YouTube milik Martha di sini.

(prf/ega)