Ragam Objek Foto Keren di Malam Hari

Ragam Objek Foto Keren di Malam Hari

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Minggu, 03 Mei 2020 08:10 WIB
Foto Malam Hari
Foto: Aries Lukman/OPPO
Jakarta -

Seni memotret di malam hari dapat menghasilkan jepretan fotografi yang menarik. Meskipun dalam kondisi minim cahaya, masih ada beberapa objek foto yang bagus untuk dipotret saat matahari sudah terbenam. Berikut beberapa objek foto yang bisa jadi incaran di malam hari.

Bintang

Memotret bintang-bintang umum dilakukan saat hari sudah gelap, bahkan di tengah malam. Untuk memotret bintang usahakan agar tidak ada sumber cahaya yang lebih besar, contohnya bulan ataupun lampu-lampu yang sangat terang di sekeliling tempat memotret.

futuristic glass dome under the milky wayfuturistic glass dome under the milky way Foto: (Thinkstock)

Untuk settingan kamera maksimalkan agar cahaya yang masuk ke dalam sensor melimpah yakni dengan menaikkan ISO, melambatkan shutter speed dan menggunakan apperture besar (angka kecil). Jika beruntung, memotret di malam hari akan menghasilkan pemandangan gugusan bintang atau milky way, namun hal ini tergantung pula pada lokasi.

Light Trail

Jejak lampu bergerak atau light trail bisa menjadi pilihan objek foto di malam hari lainnya. Foto light trail bisa didapat saat kendaraan berlalu lalang di jalan.

Cobalah untuk menggunakan shutter speed dan ISO yang rendah untuk mendapatkan pergerakan dari lampu kendaraan. Fokuskan kamera pada objek yang dituju, ikut hingga rentang tertentu setelah itu pencet tombol rana untuk menghasilkan garis lampu yang eksotis.

Gemerlap Cahaya Lampu

Gemerlap cahaya lampu bisa dipotret malam hari untuk menghasilkan foto artistik. Objeknya bisa berupa lampu-lampu di keramaian seperti pasar malam, lampu taman yang berderet, atau lampu hias pada pohon-pohon di taman.

Atur komposisi semenarik mungkin dengan menambahkan objek lain pada frame. Cahaya lampu bisa dibiarkan berpendar terang atau diblur sebagai background.

Pemandangan Kota

Memotret pemandangan kota juga jadi objek menarik lainnya. Carilah tempat tinggi seperti rooftop gedung, atau bukit agar bisa memotret pemandangan kota seluas mungkin.

Jakarta light trailJakarta light trail Foto: detik

Foto malam hari, kini tidak hanya bisa dibuat dengan kamera digital. Kamera ponsel yang kian canggih kini sudah bisa mengakomodir pembuatan foto tersebut. OPPO Find X2 Pro misalnya, mampu menghasilkan foto malam hari yang menawan berkat fitur Ultra Night Mode 3.0 dan Ultra Vision Camera System dengan tiga konfigurasi lensa canggih yaitu lensa telephoto berukuran 13MP dengan Optical Image Stabilizer (OIS) untuk memberikan kestabilan dalam mengambil gambar. Kemudian lensa 48MP Ultra Wide Angle untuk mengambil potret yang lebih luas dan lensa kamera utama 48MP yang memiliki sensor canggih Sony IMX689.

OPPO Find X2 dan Find X ProOPPO Find X2 dan Find X Pro Foto: Dok. OPPO Indonesia

Sensor brilian dari OPPO Find X2 Pro tersebut mampu mengambil gambar dengan jernih dan detail maksimum meskipun dalam kondisi gelap.

(prf/ega)