Ide Motret #DiRumahAja, Manfaatkan Benda Sekitar Jadi Foto Ciamik

Ide Motret #DiRumahAja, Manfaatkan Benda Sekitar Jadi Foto Ciamik

Yudistira Imandiar - detikInet
Selasa, 14 Apr 2020 08:05 WIB
Fotografi kamera ponsel
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Siapa bilang di rumah aja bikin kreativitas surut? Nyatanya, selama #DiRumahAja kamu bisa menyalurkan ide kreatif, salah satunya dengan membuat foto-foto ciamik.

Pemandangan sekeliling rumah, atau benda-benda di dalam rumah bisa menjadi objek foto menarik. Dengan komposisi dan pencahayaan yang tepat, bisa didapatkan hasil foto nan elok.

Untuk kolektor diecast dan action figure, benda-benda itu dapat dijadikan objek foto. Pun begitu dengan bunga-bunga, hewan peliharaan, sampai perabotan rumah bisa menjadi objek foto menawan. Mau memotret anggota keluarga sebagai model juga sah-sah saja.

Supaya hasil fotonya bagus dan berkarakter, pikirkan dulu konsepnya sebelum memotret. Termasuk juga mencari angle, arah pencahayaan, dan komposisi foto yang hendak diambil. Konsep itu akan membantu proses pengambilan gambar jadi lebih cepat dan hasilnya bagus.

Tidak perlu pakai kamera profesional, menggunakan kamera ponsel saja bisa kok dapat foto bagus. Apalagi, pada ponsel modern sudah bisa ditemui berbagai fitur pendukung, seperti lensa ultra wide, kamera makro, dan resolusi gambar yang tinggi.

Sederet fitur pendukung pengambilan gambar terdapat pada OPPO Reno3. Kamera ponsel tersebut bisa memotret dengan resolusi hingga 108MP, sehingga didapatkan foto yang detail dan jernih.

Untuk memotret objek-objek berukuran kecil , OPPO Reno3 memiliki fitur Super Macro 3 cm. Dengan fitur tersebut, bisa diperoleh gambar yang sangat detail dari objek seperti diecast, action figure, atau bunga. Cara menggunakannya mudah, masuk ke menu kamera, pilih mode Pro Expert, klik ikon tiga pohon lalu arahkan kamera ke objek dengan jarak maksimal 3 cm untuk mendapatkan tangkapan gambar yang tajam.

Halaman kecil di depan rumah juga bisa disulap jadi spot foto yang eksentrik, seolah sedang berada di tempat liburan. Ambil foto dengan komposisi yang tepat, lalu gunakan mode Ultra Clear 108MP pada OPPO Reno 3 untuk mendapatkan foto yang jernih dan detail.

Selain itu, OPPO Reno3 memiliki kemampuan memotret dengan sudut pandang hingga 119,9 derajat menggunakan Ultra Wide Angle. Dengan mode tersebut, kamu bisa memotret dengan rentang sudut pandang yang luas. Ultra Wide Angle sangat cocok untuk memotret landscape, seperti mengambil gambar pemandangan pemukiman sekitar dari tempat yang tinggi, misal dari lantai atas rumah untuk mendapatkan sudut pandang maksimal.

Sejumlah fotografer profesional juga mengandalkan OPPO Reno3 untuk memotret. Nicoline Patricia Malina menggunakan OPPO Reno3 untuk mengambil foto-foto menarik di dalam rumah selama masa isolasi diri.

"Aku lagi suka banget pakai makro untuk foto-foto di rumah. Gambarnya jadi detail. Biasanya kita kalau mau foto makro harus ganti dulu lensa (kamera profesional) yang gede banget, tapi ini (kamera OPPO Reno3) tinggal zoom aja," kata Nicoline kepada detikINET beberapa waktu lalu.

Senada dengan Nicoline, fotografer Ryan Tandya juga terpukau dengan hasil kamera OPPO Reno3. Ia sangat suka dengan mode manual pada ponsel tersebut.

"Biasanya kamera handphone kalau foto semuanya otomatis. (OPPO Reno3) lumayan bisa diatur, ISO berapa, (shutter) speed berapa, dan semuanya jadi lebih leluasa buat mengambil gambarnya," ujarnya.

Fotografer Rio Motret punya penilaian tersendiri soal OPPO Reno3. Menurutnya, fitur-fitur yang dimiliki membuat ponsel tersebut punya kemampuan lengkap untuk mengambil foto-foto yang bagus.

"Karena dari segi lensa, dari segi megapixel, dan ada mode pro, kemudian bisa macro, bisa wide, bisa tele jadi memang kaya satu buah kamera profesional dengan berbagai macam lensa dalam satu smartphone," kata Rio.

(prf/ega)