Menyulap Objek Biasa Jadi Foto Luar Biasa

Menyulap Objek Biasa Jadi Foto Luar Biasa

Yudistira Imandiar - detikInet
Sabtu, 11 Apr 2020 08:02 WIB
fotografi makanan
Foto: Istimewa
Jakarta -

Memotret bukan sebatas mengambil gambar sebuah objek. Diperlukan kreativitas dan imajinasi untuk menghasilkan foto estetik.

Foto yang bagus, seperti dikatakan fotografer Nicoline Patricia Malina, memiliki cerita di dalamnya. Fotografer mesti punya gambaran konsep foto yang akan dibuat. Gambar yang dihasilkan menginterpretasikan pesan atau makna yang hendak disampaikan.

Nicoline menjelaskan, seorang fotografer akan melakukan proses kreasi sebelum mengambil gambar. Bermula dari ide, mencari objek, hingga dituangkan menjadi foto menarik. Dengan mengerahkan kreativitas dan imajinasi, fotografer bisa menghasilkan hasil jepretan memukau, bahkan dari sebuah objek yang terlihat biasa saja oleh orang lain.

Sebuah objek bisa didapatkan berbagai variasi gambar dengan cara mengkombinasikan angle, mengoptimalkan pencahayaan, hingga memainkan komposisi foreground dan background dalam gambar. Sehingga hasilnya bisa terlihat lebih indah dan punya perspektif baru.

Hasil kamera OPPO Reno3Hasil kamera OPPO Reno3/Foto: Dok. OPPO Indonesia

"Jembatan misalnya, difoto dari depan dan dari samping perspektifnya akan berbeda. Bisa dimainin juga sama cahaya, pilih angle-nya, lalu mungkin ditambah lagi ada background orang lagi jalan. Dalam foto ada cerita yang disampaikan," jelas Nicoline saat berbincang dengan detikINET beberapa waktu lalu.

Angle merupakan elemen krusial dalam membentuk perspektif sebuah foto. Penentuan angle disesuaikan dengan konsep foto yang hendak diambil. Sebagai contoh, kata Nicoline, jika foto dibuat untuk menunjukkan gedung yang tinggi ambil fotonya dari posisi rendah, atau memotret pemandangan kota secara luas, ambil foto dari gedung tinggi supaya sudut pandangnya luas.

Hasil kamera OPPO Reno3Hasil kamera OPPO Reno3/Foto: Dok. OPPO Indonesia

Menghasilkan foto bagus, lanjut Nicoline, tidak melulu menggunakan peralatan profesional. Ponsel pun bisa mengambil gambar estetik asal digunakan dengan tepat.

"Pakai ponsel itu lebih mudah, bisa dikantongin terus kalau mau foto bisa lebih cepat dapat momen," imbuh Nicoline.

Nicoline menyebut kamera ponsel yang punya kualitas menawan adalah OPPO Reno3. Kamera ponsel tersebut dapat menghasilkan foto beresolusi 108MP. Selain itu kamera OPPO Reno3 dapat mengambil gambar wide hingga 119,9 derajat dan foto makro 3 cm, dan mode manual untuk mengatur menu-menu kamera sesuai kebutuhan.

"Foto manual system bantu aku banget, iso, shutter speed bisa diatur sendiri. Kamera wide dan ultra zoomnya bikin aku bisa eksplor. Biasanya kalau mau foto makro harus ganti lensa gede banget, ini tinggal zoom aja," ujar Nicoline.

Hasil kamera OPPO Reno3Hasil kamera OPPO Reno3 Foto: Dok. OPPO Indonesia

Sebagai informasi, saat ini OPPO memberikan kemudahan untuk pemesanan perangkat dan layanan konsultasi personal produk melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0815-955-0000. Konsumen dapat menanyakan informasi seputar produk favorit yang ingin dibeli, memilih opsi pengiriman dan pembayaran, kemudian produk akan diantarkan ke rumah secara gratis setelah melakukan pembayaran.

Dalgona Coffee dimana-mana, apalagi musim Corona sekarang ini
(prf/ega)