Selasa, 10 Mar 2020 12:43 WIB

Peluncuran Nikon D6 Tertunda Gara-gara Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Logo Nikon, merek kamera Peluncuran Nikon D6 Tertunda Gara-gara Corona (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Nikon memastikan penundaan peluncuran kamera DSLR profesional terbarunya, yaitu D6, yang terjadi karena penyebaran virus corona.

Penundaan ini terjadi karena mereka kekurangan komponen yang digunakan untuk merakit kamera profesional itu. Terlambatnya stok komponen itu terjadi karena adanya langkah tambahan yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Sebagai dampak dari penundaan pengadaan bagian dan komponen dari perusahaan pihak ketiga karena langkah tambahan yang diimplementasikan sebagai respon dari penyebaran COVID-19, perilisan kamera digital SLR D6, yang direncanakan pada Maret 2020 akan ditunda," tulis Nikon dalam pernyataannya, Selasa.

D6 sebelumnya diprediksi akan laris manis menjelang digelarnya Olimpiade Tokyo pada Juli mendatang. Nikon pun mengaku belum memastikan kapan D6 bisa dirilis karena perusahaan asal Jepang itu masih menunggu perkembangan situasi selanjutnya, demikian dikutip detikINET The Verge, Selasa (10/3/2020).

Nikon hanyalah satu dari sekian banyak perusahaan yang terdampak dari penyebaran virus corona. Hal ini terjadi karena banyak pemasok komponen yang berasal dari China, yang pabrikannya harus ditutup dan adanya pembatasan perjalanan terhadap jutaan pekerja di China.

Selain Nikon, Apple dan Tesla juga terdampak dari penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China ini. Pabrikan seperti Foxconn -- perakit iPhone -- diperkirakan baru bisa mengoperasikan pabriknya secara normal pada akhir Maret ini.

Peluncuran Nikon D6 Tertunda Gara-gara Corona


Simak Video "Ini Nih Rahasia Kamera Ponsel Bisa Serasa Kamera DSLR!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)