Senin, 30 Des 2019 20:21 WIB

Penutup Lensa Ini Dilengkapi dengan Termometer dan Higrometer

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kelembapan dan suhu adalah salah satu musuh bagi lensa kamera, baik mirrorless ataupun DSLR, karena berpotensi menimbulkan jamur pada lensa.

Mungkin itulah yang menjadi ide awal untuk UN dalam membuat tutup lensa bernama UNX-8595 ini. Mereka mendesain tutup lensa yang dilengkapi dengan termometer dan higrometer untuk mengukur suhu dan kelembapan di tempat penyimpanan lensa.

Untuk saat ini, tutup lensanya hanya tersedia untuk lensa Micro Four Thirds, dan dijual melalui sebuah peritel online di Jepang, demikian dikutip detikINET dari Petapixel, Senin (30/12/2019).

Dibandingkan tutup lensa pada umumnya, UNX-8595 ini terlihat jauh lebih besar, mungkin hampir dua kali lipat lebih tebal ketimbang tutup lensa normal. Dengan bobot 34,5 gram, tutup lensa ini tak memerlukan baterai agar bisa beroperasi.


Termometernya bisa mendeteksi suhu antara -25 sampai 55 derajat celcius. Sementara higrometernya bisa mendeteksi kelembapan antara 20% sampai 100%, dan kelembapan optimal untuk menyimpan kamera dan lensa antara 30% sampai 50%.

Namun yang perlu diingat adalah tutup lensa ini hanya menjadi pengingat bagi pemilik lensa mengenai kelembapan di tempat penyimpanan. Pemilik lensanya tetap harus menjaga kelembapannya sendiri dengan menaruh silica gel untuk menjaga kelembapan di tempat penyimpanan lensanya.

Produk seharga 1980 yen atau sekitar Rp 251 ribu ini mungkin cocok bagi anda yang ingin memastikan kelembapan di tempat menyimpan lensanya optimal. Atau cara yang lebih mudah tentulah membeli higrometer dan termometer secara terpisah, atau mungkin membeli tempat penyimpanan lensa dan kamera yang sudah dilengkapi dengan pengukur semacam itu.

Simak Video "Panasonic Luncurkan Mirrorless Anyar Full-Frame LUMIX Seri S"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)