Kamis, 21 Nov 2019 20:36 WIB

Mau Jual Bisnis Kamera, Olympus?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi kamera Olympus. Foto: detikINET/Ari Saputra Ilustrasi kamera Olympus. Foto: detikINET/Ari Saputra
Jakarta - Olympus adalah salah satu pabrikan kamera yang mempopulerkan sistem mirrorless. Ironisnya, kini mereka malah mempertimbangkan untuk menjual bisnis kameranya.

Kabar ini muncul langsung dari CEO Olympus Yasuo Takeuchi, yang belum lama ini dipromosikan dari jabatan lamanya, yaitu CFO. Pernyataan Takeuchi ini sekaligus mengkoreksi pernyataan sebelumnya yang menyatakan Olympus tak berminat menjual bisnis kameranya.

Namun belum ada informasi soal penjualan bisnis kamera Olympus ini, dan untuk saat ini mereka baru melakukan pengurangan jumlah pegawai untuk divisi kamera dan peralatan medis. Tujuannya untuk meningkatkan meningkatkan performa dan mendongkrak jumlah keuntungan mereka.

"Ini adalah strategi untuk meningkatkan performa, dan sesuatu yang bakal terjadi pada waktunya nanti," ujar Takeuchi, seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Kamis (21/11/2019).


Kedua divisi tersebut memang tengah berada dalam masa restrukturisasi sejak ValueAct Capital Management memasukkan dua orangnya ke dalam dewan direksi Olympus. ValueAct Capital Management adalah perusahaan asal AS yang memegang 5% saham Olympus.

Saat ini, bisnis kamera adalah divisi dengan penyumbang penghasilan terendah Olympus, hanya 6% dari total penjualan perusahaan asal Jepang tersebut. Dan kini Olympus tengah bekerja keras untuk menstabilkan bisnis kameranya itu dengan berfokus pada pasar utamanya.

Simak Video "Kehebatan Mirrorless Olympus yang Dibanderol Rp 49 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)