Rabu, 20 Nov 2019 11:44 WIB

Mengintip Pembuatan Kamera Leica M10 yang Tidak Sembarangan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot YouTube Foto: Screenshot YouTube
Jakarta - Leica terkenal dengan kameranya yang berkualitas tinggi dan tentunya harganya yang sangat mahal, termasuk Leica M10. Yuk kita intip proses pembuatan kamera tersebut.

Proses pembuatan M10 ini diabadikan oleh Leica dalam bentuk video yang mereka posting di YouTube. Dalam video tersebut terlihat bagaimana betapa seriusnya Leica dalam membuat setiap bagian dalam kamera tersebut.

Leica memberi judul video tersebut 'A masterpiece in the making', yang menunjukkan proses pembuatan M10 di pabrik mereka yang berlokasi di Wetzlar, Jerman. Setiap unit M10 yang ada di video tersebut terlihat dibuat oleh para pekerjanya, bukan oleh robot.

Tak ada penjelasan dalam bentuk teks maupun audio dalam video tersebut, hanya video berdurasi 4 menit yang menunjukkan bagaimana kamera tersebut dirakit. Dari mulai perakitan chipset, membersihkan sensor sebelum dipasang, dan ditutup oleh pemasangan logo ikonik 'red dot' Leica yang dilakukan dengan sangat hati-hati.


"Proses perakitannya berlangsung dari menghubungkan roller-lever dengan kamera rangefinder, mengalibrasi sensor dan image board, sampai memasang casing belakang dan atas," tulis Leica dalam laman di situs resminya.

"Lebih dari 50 tahap pengaturan dibutuhkan dalam membuat kamera dengan bagian optik dan mekanik yang sangat presisi seperti M10. Ada sekitar 1.100 komponen -- termasuk 30 bagian yang harus dibuat dari logam kuningan, 126 baut, dan 17 elemen optik," tutup perusahaan asal Jerman itu.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Tidak Sembarangan! Begini Proses Pembuatan Kamera Leica M10"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)