Selasa, 14 Mei 2019 21:24 WIB

Agar Ciamik, Video Slow Motion di Ponsel Perlu Tips Ini

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Kamera ponsel sudah semakin canggih. Bukan hanya bisa menghasilkan foto yang baik, teknologinya sudah bisa membuat video beresolusi tinggi. Bahkan sudah bisa membuat efek slow motion.

Beberapa vendor ponsel sudah melengkapi kameranya dengan fitur slow motion. Salah satunya pemain baru di jagat gadget Tanah Air, Realme, lewat Realme 3 Pro dengan beberapa keunggulan pada kameranya. Selain Night Scape ada juga fitur Slow Motion.

Camera Developer of Realme Research & Development Team Chandler Qian, membeberkan beberapa tips agar video slow motion yang dihasilkan bisa ciamik alias bagus.

Pencahayaan yang Cukup

Agar hasil video bisa ciamik, perlu pencahayaan yang cukup. Semakin gelap maka video yang dihasilkan bakal menimbulkan bintik-bintik yang disebut noise. Di Realme 3 Pro, video Slow Motion bisa dibikin dengan 960 fps (frame per second). Artinya ada 960 frame foto yang dihasilkan dalam satu detik.

Semakin tinggi angka fps, maka gerak lambat video akan semakin mulus. Namun Chandler Qian menyarankan jika kondisi terlalu gelap sebaiknya menggunakan fps yang lebih rendah di angka 120.




Waktu yang Pas

Saat akan mengambil gerakan objek, sebaiknya ketahui waktu yang pas untuk merekamnya. Waktu yang pas ini dilakukan saat momen puncak terjadi.

"Saat objek bergerak Anda harus mengambil start yang bagus karena ada jeda saat pengambilan video" ungkap Chandler Qian di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sebagai gambaran, ketika merekam seseorang yang sedang bermain skate board sebaiknya perekaman dilakukan sebelum momen puncak yakni ketika pemain itu hendak loncat dengan skate board-nya. Sehingga pada saat momen puncak di mana pemain tersebut berada di atas, kamera akan merekamnya secara lambat.

Fokus

Kamera sudah merekam dan momen puncak sudah didapat tapi hasilnya blur. Tidak ingin kan terjadi hal seperti itu? Untuk itu pastikan fokus kamera tepat kepada objek yang dituju. Kamera ponsel sebenarnya secara otomatis bisa mendeteksi objek yang dibidik. Namun dalam beberapa kesempatan fokus harus tetap diperhatikan agar hasilnya tidak blur.

Sekadar informasi Realme 3 Pro dapat merekam video slow motion di 960 fps dan 120 fps. Kameranya disokong oleh sensor beresolusi 16 MP dengan aperture f/1.7 dan kamera keduanya memakai sensor depth beresolusi 5 MP dan aperture f/2.4.





(prf/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed