Senin, 13 Mei 2019 22:18 WIB

Tips Fotografi Cityscape Pakai Ponsel

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Huawei Foto: Dok. Huawei
Jakarta - Cityscape adalah salah satu objek fotografi yang menarik namun relatif tak sulit untuk dilakukan, terlebih lagi oleh penduduk kota besar, Jakarta contohnya.

Suasana malam kota besar seperti Jakarta diwarnai oleh keindahan lampu-lampu dari gedung yang ada, serta jajaran lampu mobil yang memenuhi jalanan. Dua hal ini membuat foto cityscape menjadi lebih menarik.

Salah satu fotografer yang menekuni konsep cityscape adalah Sukimin Thio. Sabtu (11/5/2019) lalu ia memandu sekitar 40 orang pengguna ponsel Huawei untuk menjajal kamera di ponselnya itu memotret foto cityscape di workshop Next-Image Masterclass di All Season Hotel, Jakarta.


Dalam keterangan yang diterima detikINET, Sukimin menyebut konsep fotografi ini sangat menarik untuk dipelajari dan diterapkan. Sembari memuji kemampuan kamera P30 Pro yang membuat foto-foto cityscape lebih mudah diabadikan.

Fotografer Ini Bagikan Tips Fotografi CityscapeFoto: Dok. Huawei

"Foto cityscape ini banyak yang orang suka melihat hasilnya, foto bagus yang bisa dipotret tanpa harus pergi jauh-jauh," tuturnya. "Di sekitar kita ada banyak obyek foto yang bagus," ujarnya.

Sukimin pun membeberkan sejumlah tips yang bisa diterapkan agar bisa menghasilkan foto cityscape yang lebih memukau. Berikut tipsnya:

  • Pahami dasar-dasar fotografi. Khususnya rumus exposure triangle, yang terdiri dari: ISO, shutter speed, dan aperture. Pelajari pelan-pelan sampai mengerti betul dan nantinya kita akan menemukan karakter fotografi kita sendiri.
  • Pertahankan garis lurus. Garis-garis vertikal dan horizontal yang ada dalam foto harus lurus. Sebab, Gedung pada dasarnya adalah lurus.
  • Pahami komposisi, dan dapatkan lebih banyak referensi.
  • Gunakan lensa sudut lebar. Banyak ponsel yang beredar saat ini sudah memberikan lensa lebar di salah satu kamera belakang yang ada, salah satunya P30 Pro.
  • Gunakan satu leading line, yang mengarahkan mata orang yang melihat foto kita kepada obyek foto yang sebenarnya mau kita tonjolkan.
  • Lihatlah dengan berbeda. Sebelum pergi ke satu lokasi, cari dulu referensi foto-foto yang pernah diterbitkan mengenai lokasi tersebut. Lalu, usahakanlah memotret tempat tersebut dengan berbeda. Caranya, bisa dengan mengubah pencahayaan, memberikan framing baru, dan sebagainya.
(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed