Kamis, 21 Mar 2019 07:45 WIB

Olympus Rilis Mirrorless Rp 49 Jutaan, Ini Kehebatannya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Olympus Foto: Dok. Olympus
Jakarta - Olympus merilis kamera mirrorless interchangeable lens anyar di Indonesia, yaitu OM-D E-M1X yang masuk ke dalam kelas kamera profesional. Ini fitur andalannya.

Seri kamera anyar di lini OM-D ini dilengkapi dengan stabilisasi gambar yang diklaim tertinggi di dunia, yaitu bisa mengkompensasi shutter speed sebesar 7,5 tahap karena dilengkapi sistem Image Stabilization 5 axis terbaru.

Kamera dengan sensor bersistem Micro Four Thirds ini juga tampil dengan bodi ala DSLR profesional karena menggunakan vertical grip yang terintegrasi, membuatnya tetap nyaman digunakan memotret vertikal.

"Seri OMD dikembangkan dengan OM-D E-M1X kelas profesional, disamping OM-D E-M1 Mark II. Perangkat ini menghadirkan kinerja stabilisasi gambar tertinggi di dunia dengan kecepatan rana (shutter speed) hingga 7,5 step. Serta diperkuat dengan prosesor gambar TruePic VIII ganda yang memungkinkan untuk Deteksi Subjek Cerdas. AF yang menggunakan teknologi deep learning dan handheld High Res Shot hingga 50MP," ungkap Sandy Chandra, Marketing & Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI) dalam keterangan yang diterima detikINET.

Olympus Rilis Mirrorless Rp 49 Jutaan, Ini Kehebatannya...Foto: Dok. Olympus

Sistem Image Stabilization Baru

Sensor gyro baru OM-D E-M1X memungkinkan 5-axis sync IS, yang memberikan shutter speed maksimum hingga 7,0 step dari kinerja kompensasi saat menggunakan bodi sendiri. Sedangkan saat dikombinasikan dengan lensa M.Zuiko Digital ED 12-100mm F4.0 IS PRO, mampu menghasilkan kompensasi kecepatan rana tertinggi di dunia sekitar 7,5 step.

Fitur ini memungkinkan pemotretan dengan genggam tangan (handheld) pada shutter speed yang lebih rendah, yang cocok untuk pemotretan malam hari dan dalam ruangan. Efek stabilisasi gambar dapat dipilih dari tiga tingkat tergantung pada postur dan gerakan fotografer.

Selain itu, dalam mode video, kamera ini bisa merekam dengan format OM-Log400 shooting mendukung OM-D E-M1X, videografer dapat mengambil gambar tanpa kehilangan detail dalam bayangan dan sorotan, blowouts. Serta memudahkan gradasi warna (color grading) yang lebih leluasa melalui komputer.

Prosesor Gambar Double TruePic VIII

Kamera ini juga dilengkapi dengan prosesor ganda yang memungkinkan waktu start-up yang lebih cepat dan pemulihan dari sleep mode. Kamera juga mendukung dua slot kartu SD UHS-II berkecepatan tinggi untuk responsif kecepatan tinggi secara keseluruhan.

"Prosesor ini tidak hanya berkontribusi pada kamera yang lebih cepat, tetapi juga memungkinkan fungsi pemotretan terbaru seperti Handheld High Res Shot, Live ND, dan AF Deteksi Subjek Cerdas," papar Sandy.

Menurut Sandy yang dimaksud dengan Intelligent Subject Detection AF adalah deep Learning, sejenis Artificial Intelligence (AI), digunakan untuk mengembangkan algoritma dalam fungsi ini. Ini mendeteksi tiga jenis subjek berbeda, termasuk olahraga motor, pesawat terbang, dan kereta api, dengan fokus dan pelacakan area yang optimal.

"Misalnya, ia menetapkan fokus tepat pada helm pengemudi selama olahraga motor, secara otomatis mendeteksi subjek, memungkinkan peningkatan presisi fokus otomatis sehingga pengguna dapat fokus pada komposisi," papar Sandy.

Adapun yang dimaksud dengan Handheld High Res Shot Selain gambar dengan resolusi ultra tinggi maksimum 80M yang dapat ditangkap dalam Pemotretan Resolusi Tinggi (High Res Shot) menggunakan tripod ( 50M Handheld High Res Shot / tanpa tripod ), karena banyak permintaan dari fotografer lanskap, Handheld Pemotretan Resolusi Tinggi sekarang tersedia di OM-D E-M1X.

Fitur ini sangat berguna untuk menangkap bidikan definisi tinggi di lokasi yang tidak mungkin menggunakan tripod, seperti saat bergerak dari satu tempat ke tempat lain saat hiking.

Sandy menambahkan dengan adanya Live ND pada OM-D E-M1X berfungsi untuk efek kecepatan rana lambat seolah-olah menggunakan filter ND (neutral-density). Teknologi baru ini menggabungkan beberapa gambar yang terpapar untuk mendapatkan efek rana lambat. Dimungkinkan juga untuk memeriksa efek rana lambat di jendela bidik sebelum memotret untuk meningkatkan efisiensi.

Efek dapat diatur dalam lima tingkatan: ND2 (setara dengan satu langkah kecepatan rana), ND4 (2 steps), ND8 (3 steps), ND16 (4 steps), dan ND32 (5 steps).

Olympus Rilis Mirrorless Rp 49 Jutaan, Ini Kehebatannya...Foto: Dok. Olympus

Andal di Segala Kondisi Cuaca
Layaknya kamera profesional lain, OM-D E-M1X juga mempunyai ketahanan di segala cuaca. Bodinya tahan debu, tahan percikan, dan tahan beku (-10 ° C) bahkan ketika terhubung ke kabel jarak jauh, mikrofon, dan jack headphone, memungkinkan pemotretan yang tidak terpengaruh oleh cuaca

Lebih lanjut Sandy mengatakan bahwa teknologi pertama Olympus yakni Filter gelombang Super Sonic juga ditingkatkan. Lapisan baru digunakan pada SSWF (Super Sonic Wave Filter), yang bergetar pada 30.000 kali per detik untuk menghilangkan debu dan kotoran.

"Lapisan ini mengurangi kemungkinan debu atau kotoran 10% lebih banyak dibandingkan dengan model sebelumnya. Model ini juga memiliki daya tahan dan keandalan yang memudahkan fotografer pro, seperti konstruksi yang menghilangkan panas saat merekam film dan selama pemotretan berurutan dalam kondisi yang sangat panas yang biasanya dapat menyebabkan suhu naik dan membatasi fungsi, dan operasi rana. 400.000 kali," terangnya.

Kamera ini juga dilengkapi dengan Sistem Sensor Lapangan dan GPS bawaan. Dimana OM-D E-M1X mempunyai sensor GPS built-in, sensor suhu, manometer dan kompas, yang secara kolektif dikenal sebagai 'sensor medan'. Selain informasi lokasi seperti bujur dan lintang, sensor ini mendeteksi dan merekam suhu, ketinggian, dan arah kamera untuk menambahkan informasi pemotretan terperinci ke gambar

Ketersediaan

OM-D E-M1X sudah tersedia di Indonesia per 20 Maret 2019. SRP IDR 48,999,000 dengan penawaran special lensa PWP Lens Zuiko PRO.


Olympus Rilis Mirrorless Rp 49 Jutaan, Ini Kehebatannya
(asj/krs)