Jumat, 11 Jan 2019 16:40 WIB

Canon Memang Mau Bikin Mirrorless 8K

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Canon EOS R. Foto: Dok. Erwin Mulyadi Canon EOS R. Foto: Dok. Erwin Mulyadi
Jakarta - Canon mengonfirmasi rumor yang menyebut mereka akan merilis kamera mirrorless full frame anyar yang mampu merekam video 8K.

"Sebuah kamera yang mampu merekam video 8K sudah ada dalam roadmap seri EOS R," ujar Yoshiyuki Mizoguchi, product planning executive Canon, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (11/1/2019).

Konfirmasi ini adalah hal penting, terutama karena adanya anggapan Canon masih terjebak dalam resolusi 4K. Padahal mereka adalah salah satu produsen pertama yang menyediakan perekaman video full HD di 5D Mark II pada 2008 lalu, dan pada 2016 mereka merilis 5D Mark IV yang bisa merekam 4K.

Namun untuk kelas mirrorless, mereka membutuhkan waktu setahun sampai akhirnya mengadopsi teknologi tersebut di EOS M50. Sebenarnya EOS R pun mampu merekam 4K, namun disebut tak ideal karena crop factor 1,8x yang membuatnya sulit dipakai untuk mengambil video dengan sudut lebar.




Namun di luar kemampuannya merekam video, EOS R sebenarnya adalah kamera yang bagus. Dan Canon menyebut model penerusnya akan mengisi pasar di atas dan di bawah EOS R.

"Kami tengah mengembangkan sejumlah kamera EOS R, namun karena adanya variasi level yang disukai kami kemungkinan akan merilis model untuk pengguna amatir agar banyak konsumen yang bisa naik kelas dan menikmati kualitas gambar (dari sensor) full frame," tambah Mizoguchi.

"Tenang saja model untuk profesional juga akan diluncurkan, tapi mungkin bukan model yang selanjutnya dirilis," tutupnya.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com