Sabtu, 03 Nov 2018 18:29 WIB

Beli Tiket Online, Bayarnya Belakangan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Terkadang masalah biaya selalu jadi kendala orang untuk berlibur. Tak jarang banyak orang memilih mengurungkan niatnya untuk berlibur lantaran faktor yang satu ini.

Traveloka punya fitur kemudahan pembayaran dalam bentuk PayLater. Fitur yang satu ini punya banyak kelebihan, mulai dari tenor panjang hingga 12 bulan, tanpa biaya tahunan, dan Anda pun tidak perlu membayar down payment terlebih dahulu.

Namun, Anda harus tetap bijak waktu menggunakannya. Simak beberapa trik jitur memanfaatkan fitur PayLater dari Traveloka di bawah ini!

1. Manfaatkan PayLater untuk Liburan Dadakan

Bukan tidak mungkin Anda harus melakukan perjalanan mudik karena harus menghadiri pernikahan atau kelahiran anak pertama dari saudara Anda di kampung halaman. Waktu-waktu tidak terduga itu kadang datang saat Anda sedang dalam kondisi finansial yang sehat. Daripada harus melewatkan momen berharga dengan keluarga, bukankan sebaiknya Anda memanfaatkan fitur PayLater.

Bukan hanya itu, beberapa konser musik band kesayangan Anda juga biasanya memberikan pengumuman tidak jauh dari tanggal konsernya yang berlangsung di negara tetangga. Sudah barang tentu Anda tidak punya banyak waktu untuk menabung untuk mencukupi tiket pesawat dan hotel di sana. Nah, di sinilah layanan yang satu ini bisa Anda manfaatkan.

2. Ingin Extend Liburan, Bayar Hotelnya Setelah Pulang

Selalu ada yang kurang waktu liburan. Karena itu, selalu ada alasan buat kamu menambah waktu liburan setelah nyaman berada di destinasi tujuan beberapa hari. Menambah waktu liburan, berarti menambah biaya juga selama di sana.

Manfaatkan fitur PayLater untuk memesan hotel dan lakukan pembayaran setelah kamu pulang nanti. Dengan begitu, kamu bisa mengirit pengeluaran di sana atau kamu bisa alokasikan untuk makan dan membeli oleh-oleh.

3. Tagihan yang Tidak Terlalu Besar, Langsung Lunasin Saja!

Kemudahan pembayaran dari Traveloka ini memberikan kamu pilihan waktu pembayaran, mulai dari tenor 2-12 bulan yang bisa kamu pilih sendiri. Memang, Anda tidak diwajibkan membayar down payment atau tagihan Anda akan dikenakan biaya tahunan.

Namun, seperti kebanyakan bantuan pinjaman lainnya, Traveloka juga akan membebani Anda dengan bunga pinjaman. Jadi, sebaiknya tidak disarankan memilih tenor terlama.

Jika memang tagihan pembelian produk Traveloka Anda tidak terlalu besar, langsung saja bayar lunas. Fitur PayLater juga memberikan pilihan pembayaran dalam jangka waktu 30 hari setelah tanggal pembelian. Pilihan pelunasan dalam waktu 30 hari ini tidak dikenakan bunga tambahan. Kalau memang tagihan kamu tidak terlalu besar dan kamu bisa melunasinya, kenapa tidak langsung dibayar lunas?

4. Jangan Habiskan Limit Rp10.000.000 yang Diberikan

Traveloka memberikan limit hingga Rp10.000.000 di dalam fitur PayLater ini. Anda pun bisa menggunakannya untuk membeli hampir semua produk yang ditawarkan oleh Traveloka, mulai dari tiket pesawat, hotel, pesawat + hotel, tiket kereta api, aktivitas & rekreasi, dan tiket bus & travel.

Namun, ada baiknya, Anda tidak menggunakan semua limit yang diberikan. Semakin besar jumlah yang Anda pakai, semakin besar juga tagihan ditambah bunga yang harus Anda bayarkan. Alih-alih dapat kemudahan, Anda malah kesulitan dalam melakukan pelunasan.

Pilih saja beberapa produk dari Traveloka yang akan dibayar menggunakan fitur PayLater. Sisanya, Anda bayar lunas saja. Misalnya, Anda butuh tiket pesawat dan hotel di lokasi liburan. Nah, bayar lunas salah satunya dan gunakan PayLater untuk produk lainnya. Itu pasti lebih meringankan nantinya.

5. Pastikan Anda Tidak Telat Membayar Tagihan

Setelah kamu menikmati liburan, ada baiknya kamu tidak lupa untuk membayar tagihan yang diberikan oleh Traveloka setiap bulannya. Proses pembayarannya pun tidak rumit, kok. Kamu tinggal membuka aplikasi Traveloka dan pilih menu PayLater. Lalu, pilih kolom "Bayar Sebagian" dan pilih bulan terdekat saja. Tekan bayar sekarang dan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed