Selasa, 18 Sep 2018 18:27 WIB

Canon EOS R Meluncur di Indonesia, Harganya Rp 39,9 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Canon EOS R meluncur di Indonesia (Foto: Dok. Datascrip) Canon EOS R meluncur di Indonesia (Foto: Dok. Datascrip)
Jakarta - Canon, melalui Datascrip, akhirnya memboyong kamera mirrorless terbarunya ke Indonesia, yaitu EOS R dan jajaran lensa RF terbarunya. Harganya mulai Rp 39,9 juta.

Kamera mirrorless full-frame 35 mm pertama dari Canon ini dibekali dengan sensor CMOS 30,3 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 8, dengan kecepatan fokus 0,05 detik. Canon memperluas sistem EOS melalui mount 54 mm dengan mengadirkan empat seri lensa RF (RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM, RF 35mm f/1.8 IS STM).

Selain lensa di atas, EOS R juga bisa menggunakan lensa EF menggunakan tiga jenis adaptor yang juga tersedia. Alhasil pengguna EOS R juga bisa menggunakan jajaran lensa EF yang banyak jenisnya itu.




"Sistem EOS R menghadirkan kesempurnaan optik untuk menghasilkan gambar dengan kualitas istimewa. Terobosan terbaru dalam sistem EOS R memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi pengguna dalam berkreativitas, yang semakin menyempurnakan fotografi dan videografi ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Merry Harun, Canon Division Director, pt. Datascrip dalam keterangan pers yang diterima detikINET, Selasa (18/9/2018).

Canon EOS R mengusung sensor CMOS Full-Frame 35mm 30,3 megapixel dan prosesor gambar DIGIC 8 yang menghasilkan gambar beresolusi tinggi , dengan kualitas yang tajam dan detail untuk kebutuhan foto berukuran besar.

Bahkan untuk gambar yang telah melalui proses cropping, detail dan ketajamannya masih dapat dipertahankan. Kamera ini memiliki rentang ISO yang lebar, ISO 100-400.000, sehingga memudahkan pengambilan gambar di berbagai kondisi pencahayaan, termasuk kondisi minim cahaya tanpa perlu khawatir dengan gangguan noise.

Canon EOS R Meluncur di Indonesia, Harganya Rp 39,9 JutaFoto: Dok. Datascrip

Momen penting dan berharga tidak akan terlewatkan dengan dukungan teknologi Dual Pixel CMOS AF, yang menghadirkan kinerja pencarian fokus yang sangat cepat, hanya 0,05 detik. Canon EOS R memiliki area bidik yang luas, dengan 5.655 titik AF, yang mencakup 100% (vertikal) dan 88% (horizontal), sehingga fotografer semakin leluasa dalam melakukan pemotretan dengan komposisi bidikan yang lebih bervariasi.

Kamera berbahan magnesium alloy ini tahan terhadap debu dan air, serta radiasi elektromagnetik serta panas. Hal tersebut membuat Canon berani mengklaim EOS R andal untuk digunakan di kondisi cuaca apapun.

Dual Sensing IS yang ada pada kamera Canon EOS R dapat mendeteksi guncangan dengan akurasi tinggi, sehingga mampu menjaga gambar tetap stabil. Kamera mendeteksi guncangan secara akurat lewat informasi dari sensor gyro dan sensor gambar untuk merealisasikan efek stabilisasi gambar yang setara dengan 5 stop kecepatan rana, efektif untuk pemotretan dengan kecepatan rana rendah pada kondisi cahaya minim namun hasil gambar tetap tajam.

Canon EOS R juga dibekali teknologi Digital Lens Optimizer untuk menyempurnakan hasil bidikan dengan koreksi diffraction, aberration, dan peripheral illumination. Dengan kombinasi berbagai koreksi penyempurnaan tersebut, fotografer dapat menghasilkan foto berformat JPEG berkualitas tinggi langsung dari kamera, tanpa harus menggunakan bantuan perangkat komputer.

Canon juga menyematkan teknologi Dual Pixel RAW (DPRAW) yang membuat pengolahan foto berformat RAW lebih detail dan presisi saat menggunakan program pendukung Digital Photo Professional. Dengan teknologi canggih ini fotografer dapat menyesuaikan tingkat ketajaman dan resolusi subjek, mengatur posisi efek bokeh yang diinginkan, hingga mengurangi efek ghosting dan flare pada hasil foto yang telah diambil.

Canon EOS R memiliki viewfinder elektronik (EVF) OLED beresolusi tinggi, 3,69 juta titik. Hadirnya EVF dengan cakupan 100% ini mampu menghadirkan gambar yang mendekati warna aslinya dengan kejernihan tinggi sehingga memberikan pengalaman tersendiri bagi pengguna saat mengatur komposisi.

Canon EOS R dapat merekam video dalam Ultra High Definition 4K pada 30p/25p (3840 x 2460), yang dapat diaplikasikan di dunia broadcast maupun sinema. Kamera ini juga didukung Canon Log. Fitur ini sangat membantu untuk pengaturan kontras, detil, dan warna selama proses pascaproduksi.

Datascrip memasarkan EOS R di Indonesia dengan harga Rp 39.999.000 untuk versi body only, dan Rp 59.999.000 untuk paket dengan lensa RF 24-105 F/4L IS.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed