Rabu, 22 Agu 2018 10:18 WIB

M10-P, Kamera Leica M yang Paling Senyap

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Leica Foto: Dok. Leica
Jakarta - Kamera seri M buatan Leica seringkali dipuji karena ukurannya yang tak terlalu besar dan suara shutter yang tak berisik. Begitu juga dengan M10-P yang baru dirilis.

M10-P adalah varian anyar dari kamera seri M10 yang dijual dengan harga USD 7.995 atau USD 700 lebih mahal ketimbang varian M10 biasa. Tak cuma lebih mahal, Leica mengklami kalau M10-P mempunyai suara shutter yang paling senyap dibanding seri M lain, baik film maupun digital.

Kamera ini mempunyai layar sentuh di bagian belakang dan gaya desain anyar yang lebih tak mencolok, seperti hilangnya logo titik merah andalan Leica, juga penulisan Leica pada bagian atas kamera. Untuk melengkapinya, M10-P juga dilengkapi dengan hot shoe dengan warna yang sama seperti warna bodi kamera.


Namun selain hal di atas, M10-P masih sama seperti M10 yang dirilis pada Januari 2017. Sensor full framenya punya resolusi 24 megapixel, prosesor gambar Maestro II, rentang ISO 100-50.000, dan rangka yang lebih tipis ketimbang kamera seri M digital lain.

Leica mengklaim kalau shutter mekanik M10-P 50% lebih senyap dibanding M10 biasa, bahkan jika dibandingkan dengan versi filmnya yang menggunakan kain pada mekanisme shutternya. Hal ini bisa dicapai karena Leica menggunakan bantalan karet pada komponen shutternya untuk mengurangi getaran dan suara.

M10-P dirilis bukan untuk menggantikan M10, karena Leica tetap akan menjual M10. Namun menurut Leica, M10-P ditujukan pada pengguna yang tak ingin menarik perhatian publik ketika menggunakan kameranya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (22/8/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed