Selasa, 31 Jul 2018 10:10 WIB

Soal Cahaya yang Jatuh di Kepala TGB Saat Temani Jokowi

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Ray Jordan/detikcom Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) kembali jadi perbincangan seru netizen saat ia menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kali ini, topik yang ramai jadi pro-kontra netizen adalah soal foto yang ada di berita ini: Saat Jokowi dan TGB Dengarkan Aspirasi Petani di Tengah Sawah. Netizen pun ramai-ramai membahas satu kejadian di foto itu.

Foto yang diributkan adalah soal pancaran cahaya yang jatuh di kepala TGB ketika ikut menyambangi petani di Desa Pernek, Kecamatan Moyohulu, Kabupaten Sumbawa, NTB, Senin (30/7/2018) sore.

Cahaya itu turun menyinari TGB ketika ia duduk bersama Jokowi dan juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, saat duduk di tengah petak sawah yang kosong untuk mendengar curahan hati para petani Sumbawa.



Komentar netizen macam-macam. Ada yang mempertanyakan, mengapa cahaya itu hanya turun di bawah kepala TGB saja. Ada yang bilang itu pertanda dari langit. Ada pula yang mengaitkan soal gempa gara-gara TGB mendukung Jokowi untuk kembali jadi presiden pada periode mendatang.

Soal Cahaya yang Jatuh di Kepala TGB Saat Temani JokowiFoto: Ray Jordan/detikcom


Untuk memberikan pencerahan atas kesimpangsiuran debat foto tersebut, detikINET ikut membahasnya dengan para pegiat fotografi. Termasuk Enche Tjin, yang dikenal sebagai fotografer kawakan yang juga pendiri infofotografi.com.

"Ini sih pantulan cahaya saja. Di fotografi, itu namanya flare atau suar. Itu bisa terjadi kalau lensa mengarah ke sumber cahaya. Kebetulan cahaya matahari berada di belakang," ujarnya lewat pesan singkat, Selasa (31/7/2018).

Sejumlah fotografer lainnya juga berpendapat hal yang sama. Menurut mereka, cahaya yang turun di kepala TGB hanya efek lens flare belaka.



TGB dan Jokowi sendiri saat kejadian itu tengah berbincang santai dengan para petani Sumbawa di bawah cuaca yang teduh dan pemandangan yang indah berlatar sawah serta bukit Olat Maras.

Setelah berbincang, Jokowi dan TGB dikerumuni petani untuk berfoto bersama. Jokowi dan TGB, yang kompak mengenakan baju berwarna putih, berfoto di tengah-tengah para petani.

Soal Cahaya yang Jatuh di Kepala TGB Saat Temani JokowiFoto: Ray Jordan/detikcom


Setelah berfoto bersama, Jokowi dan TGB menuju mobil untuk meninggalkan lokasi. Namun saat menyusuri pematang sawah, nama Jokowi dan TGB diteriakkan warga. Bahkan ada yang memanggil TGB dengan sebutan RI-2.

TGB dan Jokowi tak merespons teriakan 'TGB RI 2' tersebut. Saat itu, Jokowi hanya menyalami beberapa warga yang berkerumun.



Tonton juga video: 'Kompak Berbaju Putih, Jokowi-TGB Tangani Gempa NTB'

(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed