Jumat, 01 Jun 2018 07:49 WIB

Canon Setop Jualan Kamera Film

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Toko Canon. Foto: Ari Saputra Toko Canon. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Meski terlihat hanya berfokus pada kamera digital, Canon sebenarnya masih menjual kamera film. Namun kini tidak lagi.

Kamera film terakhir yang dijual oleh Canon adalah EOS-1v, yang kini sudah disetop penjualannya. Kamera SLR ini pertama diluncurkan pada tahun 2000 dan dihentikan produksinya pada 2010, namun pabrikan asal Jepang itu masih menjual stok yang tersisa.

EOS-1v adalah SLR profesional 35mm generasi ke-5, yang kemudian dijadikan dasar dari DSLR seri profesionalnya, seperti EOS-1D, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (1/6/2018).



"Terima kasih banyak atas kepercayaan anda pada produk Canon. Namun, kami akhirnya memutuskan untuk menyetop penjualan dari kamera single lens reflex EOS-1v," tulis Canon dalam bahasa Jepang di situs resminya.

Dalam pernyataannya, Canon masih akan menerima perbaikan unit EOS-1v sampai 31 Oktober 2025, namun permintaan reparasi kamera mungkin akan ditolak setelah 31 Oktober 2020, tergantung dari ketersediaan komponennya.

Canon mungkin sudah tak lagi menjual kamera film, namun ini bukan berarti 'kematian' dari kamera film, setidaknya sampai saat ini. Pasalnya, Nikon masih menjual dua jenis kamera film, yaitu F6 dan FM10. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed