Kamis, 15 Feb 2018 11:20 WIB

Panasonic GX9, Mirrorless Anyar Buat Pecinta Film Monokrom

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Lumix GX9. Foto: Panasonic Lumix GX9. Foto: Panasonic
Jakarta - Panasonic merilis kamera mirrorless anyar, yaitu Lumix GX9, yang sepertinya merupakan gabungan dari dua kamera yang sebelumnya mereka rilis, GX8 dan GX85.

Maksudnya gabungan adalah GX9 mempunyai sensor micro four third 20,3 megapixel seperti GX8 namun tanpa filter low-pass seperti yang dipakai di GX85. Dengan tidak adanya filter low-pass tersebut diharapkan foto yang dihasilkan mempunyai detil yang lebih baik.

Namun tanpa filter low-pass, biasanya foto akan dipenuhi oleh efek moire, namun menurut Panasonic efek moire itu bisa diatasi oleh prosesor Venus yang dipakai di GX9. Kamera ini juga mempunyai fitur lain yang akan menarik bagi pencinta kamera film.

Fitur tersebut adalah shooting mode monokrom baru bernama L Monochrome D, yang bisa membuat foto monokrom dengan bermacam noise yang mirip dengan hasil jepretan kamera film. Bintik-bintik noise yang dihasilkan disebut terlihat sangat nyata dan organik.

Fitur-fitur lain yang ada di GX9 antara lain adalah 5 axis dual image stabilization, perekaman video 4K di 24 atau 30 fps, burst mode 9 fps dalam mode single shot AF, serta memori buffer yang bisa menyimpan 30 foto RAW, atau lebih dari 100 dalam bentuk JPG.

GX9 mulai dijual pada Maret mendatang dengan harga USD 999 untuk paket dengan lensa 12-60mm (non Leica). Belum ada opsi penjualan body only untuk kamera yang tersedia dalam pilihan warna hitam dan silver ini, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (14/2/2018). (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed