Jumat, 15 Des 2017 10:04 WIB

Orangutan Tak Biasa Jadi Foto Terbaik Nat Geo 2017

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: National Geographic/Jayaprakash Joghee Bojan Foto: National Geographic/Jayaprakash Joghee Bojan
Jakarta - Kompetisi foto bergengsi National Geographic 2017 melahirkan foto terbaik yang memukau sekaligus menyedihkan. Yaitu foto orangutan di Kalimantan.

Foto pemenang berjudul Face to face in a river in Borneo mengalahkan 11 ribu foto peserta lain, dijepret fotografer Singapura, Jayaprakash Joghee Bojan. Foto itu memperlihatkan seekor orangutan jantan mengintip dari sebuah pohon di kali Kalimantan. Sebuah tingkah yang tak biasa dilakukan makhluk ini.

"Ketika sedang mengamati orangutan liar di taman nasional Tanjung Puting, Indonesia, kami menyaksikan pemandangan mengagumkan orangutan jantan besar menyebrangi sungai meskipun ada buaya di situ," tulisnya.

"Lahan kelapa sawit telah memperkecil habitat mereka dan ketika mereka terdesak, makhluk pintar ini belajar untuk beradaptasi di lingkungannya yang berubah," tambahnya.

"Ini adalah buktinya karena orangutan membenci air dan tidak pernah berkeliaran di sungai. Aku berada di kedalaman 5 kaki untuk mendapatkan perspektif ini," tutur Bojan yang dikutip detikINET dari Peta Pixel.

Bojan menceritakan kalau dia harus masuk ke air agar kapal yang dinaikinya tidak menakuti sang orangutan. Dia langsung menjepret ketika orangutan itu terlihat mengintip dari balik pohon.

"Kamu tak merasakan sakit, gigitan nyamuk, ataupun kedinginan karena pikiranmu benar-benar hilang melihat apa yang terjadi di depanmu," pungkas Bojan. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed