Senin, 27 Nov 2017 07:37 WIB

Keren! Potret Kamuflase Macan Tutul Salju di Habitatnya

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Inger Vandyke Foto: Inger Vandyke
Jakarta - Inger Vandyke diyakini sebagai wanita pertama di dunia yang memotret Macan Tutul Salju dalam perburuannya. Tapi bisakah kamu menemukan posisi predator langka tersebut dalam hasil jepretan forografer asal Australia itu?

Banyak dari fotografer dan kru film alam mengakui sangat sulit mengabadikan Macan Tutul Salju di habita aslinya. Hewan ini tidak hanya jago bersembunyi, tapi juga punya bulu berpola yang mengubahnya hampir tak terlihat di alam liar.

"Macan Tutul Salju sangat langka, sangat langka sehingga banyak orang mencurahkan hidup mereka untuk melihatnya demi memotret sekali atau mengamatinya berburu, "kata Vandyke seperti dilansir dari Telegraph, Senin (27/11/2017).

Keren! Potret Kamuflase Macan Tutul Salju di HabitatnyaFoto: Inger Vandyke

Keren! Potret Kamuflase Macan Tutul Salju di HabitatnyaFoto: Inger Vandyke


Vandyke sendiri melakukan perburuan foto di pegunungan yang berada di kawasan Ladakh, India. Ia mengaku berkemah di berbagai lokasi di mana suhu turun sampai -25 derajat Celsius setiap malam dan suhu siang hari di bawah nol.

"Dalam satu jam, air minum di botol yang kami bawa bahkan sampai membeku di siang bolong dengan matahari terik," ujarnya.

Butuh lima hari perburuan bagi Vandyke untuk bisa menemukan jejak Macan Tutul Saju. Beberapa hari kemudian dia berhasil mendapati sang predator pegunungan itu.

"Aku melihat mereka bermain, berkelahi, kawin, bersembunyi di balik balok yang berbatu dan akhirnya, kami duduk selama enam jam di salju dan es untuk melihat seekor macan tutul menyusuri lembah dan mencoba berburu Bharal atau Blue Sheep," cerita Vandyke.

Bila ditotal ekspedisi Vandyke berburu Macan Tutul Salju berjalan selama 17 hari. Meski memakan waktu yang cukup panjang dia berhasil mengabadikan aksi hewan langka tersebut di habitat aslinya, termasuk saat sang predator bersembunyi yang membuat kita sulit mengenali.

Nah bagaimana sudah bisa menebak di mana posisi Macan Tutul Salju itu berada? Ini jawabannya.

Keren! Potret Kamuflase Macan Tutul Salju di HabitatnyaFoto: Inger Vandyke

Keren! Potret Kamuflase Macan Tutul Salju di HabitatnyaFoto: Inger Vandyke
(afr/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed