BERITA TERBARU
Kamis, 14 Sep 2017 11:07 WIB

Kamera Baru Kodak Ketahuan Menjiplak Polaroid

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kodak Printomatic. Foto: Kodak Kodak Printomatic. Foto: Kodak
Jakarta - Kodak resmi merilis kamera instan pertama dalam beberapa tahun terakhir. Kamera resolusi 10 megapixel ini bernama Printomatic, yang dapat mencetak hasil foto berukuran 2x3 secara instan menggunakan kertas non-tinta milik Zink (Zero Ink).

Yang menarik adalah, spesifikasi Printomatic ternyata sama persis dengan Polaroid Snap yang dirilis pada 2015 lalu. Hal tersebut terjadi karena ternyata, Printomatic diproduksi oleh C+A Global, yang juga menggarap pembuatan Polaroid Snap. C+A Global pun memegang lisensi terhadap dua merek tersebut, serta turut bekerja sama dengan Zink.

Kedua kamera ini juga sama-sama didesain oleh Ammunition Group. Dilansir detikINET dari The Verge pada Kamis (14/09/2017), Ammunition Group mengkonfirmasi bahwa Printomatic dan Snap merupakan dua kamera yang sama, hanya dibedakan brand yang mengusungnya.

Pihak Kodak mengatakan bahwa Printomatic merupakan sebuah awal dari seluruh lini produk yang akan diluncurkan mulai 2017 hingga 2018. Kamera ini dibanderol dengan harga USD 70, lengkap dengan 10 lembar kertas Zink, kartu microSD, dan kabel USB. Printomatic tersedia dengan pilihan warna kuning dan abu-abu

Jika ditarik ke belakang, Polaroid dan Kodak sebetulnya merupakan saingan dalam dunia instant camera. Polaroid menjadi pionir dengan memulainya pada 1990an dan diikuti Kodak selang beberapa tahun.

Akibat kalah bersaing, Kodak meninggalkan bisnis instant camera pada 1980an. Maka, cukup mengherankan dua perusahaan tersebut dapat menyatu dibawah naungan C+A Global. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.