Jumat, 14 Jul 2017 15:09 WIB

Selfie Monyet di Sulawesi Jadi Perdebatan Tanpa Henti

Agus Tri Haryanto - detikInet
Monyet selfie di Sulawesi. Foto: istimewa Monyet selfie di Sulawesi. Foto: istimewa
Jakarta - Foto seekor monyet saat melakukan selfie dengan wajah tersenyum telah menjadi viral sejak beberapa tahun. Namun sampai saat ini, hak cipta foto tersebut masih belum jelas.

Foto tersebut berasal dari kamera fotografer alam bernama David Slater di Sulawesi pada 2011. Suatu ketika, kameranya diambil oleh seekor monyet yang tanpa sengaja menjepret dirinya sendiri. Hasilnya adalah foto selfie yang jadi fenomenal tersebut.

Foto itu terus jadi perdebatan karena Slater mengklaim pemilik hak ciptanya padahal yang mengambil foto adalah sang monyet. Slater pernah meradang pada website Wikimedia karena memajang foto itu tanpa izin dan mengklaim rugi besar karenanya.

Seperti detikINET kutip Cnet, Kamis (13/7/2017), pada perkembangan terbaru, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), sebuah organisasi yang membela hak hewan berbasis di Norfolk, Virginia, Amerika Serikat, ikutan nimbrung.

PETA menggugat Slater beserta perusahaan penerbitnya Blurb dengan alasan bahwa seharusnya monyet bersangkutan memiliki hak cipta dari foto tersebut. PETA menuding Slater dan Blurb mengeksploitasi foto itu untuk meraih keuntungan.

Sebelumnya, pada tahun lalu seorang hakim federal memutuskan kalau monyet atau binatang tidak dapat memiliki hak cipta foto tersebut. Nah saat ini, hakim di San Francisco meminta dari pengacara PETA menjelaskan kenapa monyet bisa memiliki hak cipta.

Sementara itu, pengacara Blurb Angela Dunning mengaku tidak khawatir kasus ini diungkap kembali ke permukaan. Disampaikannya juga, pengadilan harus memperjelas soal kasus foto selfie monyet asal Indonesia ini.

"Kami ingin kasus ini berakhir pada titik ini," sebut Dunning. Semoga, kasus monyet selfie yang berlarut-larut ini segera berujung pada titik temu. Oh iya belakangan, si monyet diberi nama Naruto. (fyk/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed