Sabtu, 24 Jun 2017 04:40 WIB

Mau Jadi Selebgram? Ada Kuliahnya Ternyata!

Hestianingsih - detikInet
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Selebgram dan social media influencer bisa dibilang menjadi profesi baru yang cukup menjanjikan. Kini tak sedikit orang berlomba-lomba tampil menarik perhatian lewat akun social media, dengan harapan bisa menggaet banyak follower dan akhirnya menarik brand atau perusahaan untuk endorsement.

Namun tak semua orang punya kemampuan atau klasifikasi menjadi selebgram yang menonjol dan punya nilai jual tinggi. Untuk itu, sebuah perguruan tinggi di China membuka jurusan baru yang didedikasikan khusus untuk mencetak selebgram dan influencer.

Adalah Yiwu Industrial & Commercial College, universitas di Shanghai, China, yang menawarkan jurusan Modeling & Etiquette. Jurusan ini membuat mata kuliah yang tujuannya mendidik mahasiswanya untuk menjadi influencer ternama di social media dan membentuk personaliti yang viral serta disukai netizen.
Kampus di China Punya Jurusan untuk Kamu yang Ingin Jadi SelebgramSelebgram Tina Yong. Foto: Instagram

Masuk di jurusan ini, mahasiswa akan mengikuti berbagai pelatihan seperti kelas dansa, kelas makeup hingga bagaimana cara berjalan di catwalk. Mengingat sejumlah selebgram juga kerap diundang ke berbagai acara untuk menjadi pembicara, host maupun tampil di runway sehingga kemampuan modeling diperlukan.

Dan inilah kelas yang tidak akan ditemui di jurusan kuliah lain, yakni belajar bagaimana melakukan live streamng, mengambil foto selfie yang sempurna hingga mempelajari berbagai brand fashion ternama maupun indie.

Salah seorang mahasiswa yang masuk jurusan Modeling & Etiquette, Wang Xin, mengatakan, dirinya memutuskan pindah jurusan karena ingin jadi terkenal.

"Aku selalu memimpikan berada di bawah sorotan, dengan segala kilatan lampu mengarah padaku dan setiap orang hanya memandangku," ujar Wang Xin, seperti dikutip dari Koreaboo.

Mahasiswa lainnya bernama Jiang Mengna mengatakan tertarik masuk jurusan ini karena ia memang hobi berdandan, suka fashion dan foto-foto.

"Aku suka dandan cantik dan foto-foto. Aku merasa jurusna ini sangat cocok bagiku," kata Jiang kepada Malay Mail Online.
Kampus di China Punya Jurusan untuk Kamu yang Ingin Jadi SelebgramSelebgram Pearypie. Foto: Mohammad Abduh

Pasar selebgram dan social media influencer sedang berkembang sangat pesat di China. Jumlah total penghasilan dari pasar ini mencapai hingga USD 7,7 miliar per tahun dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada 2018.

Hal ini menunjukkan bahwa selebgram dan social media influencer sangat berpotensi jadi profesi baru yang menghasilkan. Untuk itulah Yiwu Industrial & Commercial College merasa perlu menghadirkan jurusan khusus untuk mengakomodir kebutuhan kalangan muda.

"Permintaan terhadap jurusan kami sangat meningkat karena industri e-commerce saat ini berkembang pesat," kata Hou Xiaonan, pengajar kelas dansa di kampus tersebut.

Di China, orang-orang yang populer sebagai selebgram dan memiliki pengaruh besar di dunia maya dikenal dengan sebutan wanghong. Secara harfiah, wanghong diartikan sebagai 'yang terkenal di internet'. (hst/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed