BERITA TERBARU
Minggu, 18 Jun 2017 08:22 WIB

Pix Camera, Filter Foto Microsoft dengan Kecerdasan Buatan

Yudhianto - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Meski bisa secara instan membuat sebuah foto menjadi artistik, sebagian filter di aplikasi Prisma mewajibkan penggunanya untuk terhubung ke internet. Namun aplikasi pesaing Prisma bikinan Microsoft menjawab tantangan tersebut dengan kecerdasan buatan.

Jadi Microsoft baru saja meluncurkan sebuah aplikasi bernama Pix Camera. Bisa dibilang ini adalah penantang aplikasi Prisma yang menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya adalah tak harus tersambung ke internet untuk menggunakannya.

Pix Camera sendiri menawarkan 11 model filter foto yang bisa dipilih pengguna. Asyiknya lagi, filter-filter foto asrtistik tersebut bisa langsung bekerja tanpa internet. Selain itu, demi hasil optimal Microsoft juga membenamkan kecerdasan buatan dalam aplikas Pix Camera.

Kecerdasan buatan ini yang nantinya akan menentukan komposisi cahaya, saturasi warna, tekstur gambar, dan lain-lain. Tujuannya adalah agar diperoleh hasil terbaik untuk filter foto yang digunakan. Proses filtering foto juga bisa dilihat sendiri oleh pengguna melalui sebuah video singkat. Bahkan pengguna bisa menyimpan video proses filtering tersebut dalam fomat Gif.

"Ini dimaksudkan untuk menjadi fitur yang menyenangkan, " kata Josh Weisberg dari Microsoft, seperti detikINET kutip dari Engadget, Minggu (18/6/2017).

"Di masa lalu, banyak usaha kami berfokus pada penggunaan AI dan pembelajaran yang mendalam untuk menangkap momen yang lebih baik dan kualitas gambar yang lebih baik. Ini lebih menyenangkan. Saya jadi ingin selalu melakukan sesuatu yang keren dan artistik dengan foto saya," terangnya.

Saat ini aplikasi Pix Camera hanya tersedia pasar aplikasi App Store, yag berarti baru pengguna iPhone dan iPad yang bisa menggunakannya. Belum ada kabar untuk ketersediaannya di Android. (yud/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.