BERITA TERBARU
Selasa, 14 Feb 2017 11:23 WIB

Nikon Batal Rilis Kamera Compact Mewah, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Nikon memamerkan sebuah lini kamera anyar setahun yang lalu dengan nama DL, yang terdiri dari tiga kamera. Sialnya, Nikon terpaksa membatalkan kehadiran tiga kamera tersebut ke pasaran. Sebabnya?

Trio Nikon DL sebenarnya diplot untuk mengganggu dominasi Sony di kelas kamera compact 4K. Namun Nikon tampaknya tak bisa membuktikan kehebatan tiga kameranya itu melawan bermacam varian Sony RX100.

Padahal spesifikasi yang ditawarkan Nikon cukup menjanjikan. Sensor yang digunakan berformat CX, alias berukuran 1 inch, namun dengan pilhan lensa zoom yang berbeda. Lensa-lensa itu terbilang mewah karena mempunyai bukaan f/1,8-2,8, namun dengan harga kamera di bawah USD 1000.

Ketiganya juga mampu merekam video 4K dengan kecepatan memotret yang sangat tinggi, yaitu 20 fps dengan continous focus dan 60 fps tanpa continous focus, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (14/2/2017).

Namun masalah pada sirkuit pemrosesan gambar memaksa Nikon untuk menunda perilisan ketiga kamera itu pada musim panas 2016 lalu. Kemudian Nikon memutuskan untuk membatalkan perilisan kamera itu, tanpa menyebut apakah mereka berhasil memecahkan masalah sirkuit tersebut.

Pabrikan kamera asal Jepang itu malah menyebut pembatalan itu dilakukan karena mereka ragu lini kamera DL bisa menghasilkan untung, juga mengkaitkannya dengan menurunnya bisnis kamera saat ini.

Pembatalan lini kamera DL ini, ditambah dengan penjualan Nikon series 1 yang stagnan memaksa Nikon hanya bisa bergantung pada lini kamera DSLR. Nasib rival Nikon -- Canon -- sepertinya sedikit lebih baik, karena masih melanjutkan lini kamera mirrorlessnya. Meski sebenarnya masih tetap tertinggal jika dibandingkan nama seperti Sony dan Fujifilm di bisnis kamera mirrorless. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed