Rabu, 21 Sep 2016 15:50 WIB

Photokina 2016

Kamera Ponsel Mana yang Ada 'DNA' Fujifilm?

Yudhianto - detikInet
Foto: detikINET/Yudhianto Foto: detikINET/Yudhianto
Cologne - Mendompleng kesuksesan smartphone, produsen kamera sudah mulai menjalin kerjasama dengan pembuat ponsel. Bagaimana dengan Fujifilm?

Yang terakhir adalah Leica, produsen kamera asal Jerman ini menggandeng Huawei untuk membenamkan teknologi kameranya di P9. Sedangkan Sony sudah sejak lama dikenal sebagai pemasok sensor kamera untuk ponsel.

Hasselblad juga tak mau kalah, meski sifatnya sebagai aksesori tambahan, produsen kamera ini jelas tengah merinitis usaha masuk ke industri ponsel lewat modul kamera untuk Moto Z.

Lantas, Fujifilm? Jangan salah, menurut Masatsugu Naito selaku Managing Director Fujifilm APAC, pihaknya sudah sejak lama berada di balik penggunaan kamera di ponsel.

Siapa sangka kalau Fujifilm ternyata sudah sejak lama jadi pemasok lensa untuk sejumlah pembuat ponsel. Sayang Naito enggan mengungkapkan produsen mana saja yang telah menjalin kerjasama dengan Fujifilm.

"Sudah jalan, kami sebenarnya sudah support lensa ke pembuat ponsel," jelasnya singkat, di sela-sela acara Photokina 2016, di Cologne, Jerman.

Modul kamera Hasselblad untuk Moto Z.Modul kamera Hasselblad untuk Moto Z.


Namun ketika ditanya apakah punya rencana untuk menonjolkan nama Fujifilm di industri ponsel seperti yang telah dilakulan Leica, Naito mengaku belum bisa berkomentar. Karena strategi semacam ini masuk ranah business to business (b2b) sehingga yang punya kewenangan hanya kantor pusat.

"Strategi semacam ini b2b, kami belum bisa berkomentar. Harus Tanya ke Tokyo (kantor pusat Fujifilm-red) untuk menjawab strategi ini," pungkas Naito.

Baca juga: Kumpulan Artikel 'Photokina Surga Penikmat Fotografi'



(yud/ash)