Zeiss Batis 18mm, Lensa Lebar untuk Sony A7 Mirrorless

Zeiss Batis 18mm, Lensa Lebar untuk Sony A7 Mirrorless

Enche Tjin - detikInet
Rabu, 11 Mei 2016 11:05 WIB
Foto: Zeiss Batis 18mm/infofotografi
Jakarta - Mengikuti dua lensa Zeiss Batis yang sudah hadir. Bulan ini, Zeiss meluncurkan Zeiss Batis 18mm f/2.8. Lensa ini ditujukan untuk kamera mirrorless full frame Sony A7, tapi juga bisa digunakan di kamera mirrorless Sony A6000, A5000 dan Sony NEX. Saat dipasang di Sony A6000, jarak fokusnya ekuivalen dengan 18 x 1.5 = 27mm.

Seiring dengan kepopuleran kamera mirrorless bersensor full frame Sony A7, Zeiss Batis juga ikut populer, sampai-sampai Zeiss kesulitan memenuhi pesanan karena tidak menduga jumlah pemesanan yang diluar perkiraan mereka. Baru beberapa bulan belakangan Zeiss meningkatkan kapasitas produksinya untuk memenuhi pesanan lebih cepat.

Jika Zeiss Batis 85mm populer untuk fotografer portrait atau model, Zeiss 18mm akan populer untuk fotografer pemandangan karena sudutnya yang super lebar.

Lensa buatan Zeiss biasanya manual fokus saja, misalnya semua lensa Zeiss untuk kamera DSLR. Tapi untuk Sony Alpha mirrorless ini, berbeda, Zeiss Batis bisa autofokus, karena kerjasama yang erat antara Sony dan Zeiss.

Perlu diperhatikan bahwa Zeiss Batis ini bukan dirancang oleh Sony, tapi murni dari insinyur Zeiss di Jerman. Jalur distribusinya juga berbeda, sehingga klaim garansi bukan ke Sony Indonesia. Zeiss menawarkan garansi sepanjang 2 tahun yang dapat diperpanjang menjadi tiga tahun jika mendaftarkan produk baru di website Zeiss.

Saya pikir Zeiss sudah bertindak benar, yaitu membuat lensa-lensa dengan desain yang tidak terlalu besar (compact) dengan membatasi bukaan maksimum (f/2.8), jika lebih besar lagi, tentunya ukurannya bisa 2-3 kali lipat lebih besar.



Dengan desain yang ringkas ini, lebih cocok untuk body kamera seri Sony A7 yang ramping. Beratnya hanya 330 gram, dan menggunakan filter 77 mm yang populer memudahkan untuk fotografer landscape. Meskipun Zeiss 18mm belum tersedia dan belum banyak yang mengujinya, tapi sepertinya kualitasnya akan sangat prima, bisa jadi melampaui lensa zoom terutama dari pemeratan ketajamannya dari pusat ke sudut foto. Contoh hasil foto lensa ini bisa dilihat di gallery flickr.

Memutuskan Zeiss Batis 18mm atau lensa Sony Zeiss 16-35mm f/4 OSS tidak mudah juga. Keuntungan dari Sony Zeiss 16-35mm f/4 jelas, yaitu bisa zoom, lebih lebar dan ada stabilizer sehingga lebih praktis. Tapi fotografer yang profesional yang menginginkan performa dan kualitas fisik Zeiss Batis yang anti debu dan air, plus ingin travel lebih ringkas lagi, tentunya akan mengantri untuk memesan lensa ini.

Spesifikasi Zeiss Batis 18mm f/2.8

- Jarak fokus / focal length : 18mm
- Rentang bukaan : f/2.8-f/22
- Rentang focus : 0.25 m – ∞
- Elemen/group 11/10
- Sudut diagonal/horizontal/vertikal 99° / 90° / 67°
- Filter thread : 77mm
- Dimensi dengan tutup lensa 9.5 cm
- Dimensi ring focus 7.8 cm
- Berat 330 gram
- Kamera : E-mount
- Harga: Rp 19.5 juta

*) Penulis:EncheTjin adalah pendiri  Infofotografi.com, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer.

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut.


(jsn/ash)