Jumat, 19 Feb 2016 17:06 WIB

Menjajal Kamera Tahan Air Leica

Penulis: Enche Tjin - detikInet
Foto: Enche Tjin Foto: Enche Tjin
Jakarta - Kamera Leica X-U ini merupakan kamera yang diperuntukkan untuk fotografi outdoor yang tahan di segala kondisi lingkungan yang kurang bersahabat seperti debu, pasir dan air. Bagaimana performanya?

Berbeda dengan sebagian besar kamera compact rugged lainnya, Leica X-U memiliki memiliki sensor gambar APS-C yang relatif besar, setara dengan kamera DSLR /interchangeable mirrorless pada umumnya.

Lensa yang digunakan juga lensa fix premium dan berbukaan besar f/1,7 dengan jarak fokus 23mm f/1,7, ekuivalen dengan 35mm di format kamera 35mm.

Highlight utama dari kamera compact varian dari Leica X ini adalah memiliki fitur tahan air, dapat digunakan di bawah permukaan air (underwater) sampai 15 meter dengan durasi satu jam.





Pengalaman mencoba kamera Leica X-U


Dalam acara peluncuran di Plaza Senayan, Jakarta, saya berkesempatan mencoba kamera ini. Leica X-U termasuk relatif besar untuk kategori kamera compact karena ukuran sensor dan lensa yg digunakan. Tapi penanganannya (handling) cukup enak dan tidak terasa terlalu berat (635g dengan baterai). Sebagian besar bagian luar kamera terbuat dari bahan karet yang anti air, anti slip dan benturan.

Bagian depan lensa agak unik karena ada lapisan pelindung untuk bagian depan lensa dan lampu kilat kecil dengan GN 5 yang cukup baik posisinya sehingga bisa lebih dekat dengan objek dan cahaya lampu kilat yang dipancarkan tidak terhalang oleh lensa.



Desain kamera oleh Audi Design memberikan kesan futuristik, tapi masih ada sedikit kesan retro yaitu masih terdapat roda kendali untuk mengubah shutter speed dan bukaan. Seperti seri kamera Leica X, M dan S, Leica X-U juga memiliki filosofi "Das Wesentliche" yang artinya Esensi.

Kamera ini memiliki susunan tombol label dengan jelas dan cukup besar. Desain dan tata letak menu mirip dengan kamera Leica lainnya, hanya lima halaman dan pengaturannya logis dan praktis. Fungsi-fungsi kamera yang penting diletakkan di halaman awal.

Sistem autofokus kamera ini bersifat deteksi kontras. Terdapat beberapa pilihan seperti 11 area, 1 area, face recognition dan spot. Mengaktifkan autofokus tidak sulit, hanya perlu memberi sedikit tekanan ke shutter, autofokusnya langsung aktif. Sayangnya, sistem deteksi kontras relatif lambat (0.3-2 detik).



Kesimpulan

Kamera Leica X-U (typ 113) adalah kamera Leica yang unik karena satu-satunya yang tahan banting dan tahan air dengan sensor gambar APS-C dan lensa bukaan besar. F/1,7. Dengan spesifikasi seperti itu, kamera ini memudahkan fotografer outdoor untuk untuk memotret di berbagai kondisi ekstrim, termasuk dibawah air dan di kondisi cuaca buruk. Leica X-U ini tersedia di Leica Store Indonesia, Jakarta Pusat, dengan harga Rp 55 juta.



Spesifikasi Leica X-U (Typ 113)

Sensor: CMOS APS-C 16.2 MP. Format rasio 3:2
Format video dan resolusi : MP4, Full HD 1920x1080p, 30fps
Lensa: Fix, tidak bisa ditukar: 17mm f/1.7 (ekuivalen 35mm)
Jarak minimum fokus: 20 cm
Kartu SD Card
Rentang ISO: 100-12500
Sistem autofokus: Contrast Detect
Rentang Shutter speed: 30 detik sampai 1/2000 detik
Kecepatan foto berturut-turut: 3 - 5 foto berturut-turut.
Buffer: Maksimum 7 foto (RAW+JPG)
Built in flash GN 5, recycle time 5 detik
Layar LCD fix, ukuran diagonal 3 inci, 920.000 pixels
Kondisi: Suhu 0-40 derajat Celcius, kelembaban 85%
Kondisi dibawah air: Maksimum 15 meter selama 60 menit
Baterai: 1600maH, 450 exposure
Bahan casing: Bagian atas dan bawah dari Alumunium, sisanya dari plastik dan sejenis karet (thermoplastic elastomer).



*) Penulis: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi.com, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer.

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut. (jsn/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed