Rabu, 06 Jan 2016 14:51 WIB

CES 2016

Nikon Salip GoPro, Rilis Action Cam 360

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Las Vegas - Tren virtual reality diprediksi bakal meledak di tahun 2016. Itu artinya, harus ada alat yang mendukung teknologi visual canggih itu. Tak mau kalah start dari GoPro, Nikon pun coba mengambil inisiatif lebih dulu.

Nikon coba untuk mengakomodir tren VR tersebut. Produsen imaging ternama asal Jepang ini baru saja merilis kamera action yang mampu mengambil gambar dengan sudut pandang 360 derajat.

Adapun produk yang diperkenalkan bertepatan dengan ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 itu adalah Nikon KeyMission 360. Sesuai dengan namanya, kamera terbaru Nikon ini memang sengaja dipersiapkan sebagai senjata untuk menggempur pangsa pasar kamera 360 derajat.

Tren gambar atau video dengan sudut 360 derajat sendiri sudah dimulai sejak akhir tahun 2014 hingga 2015 lalu. Salah satu contohnya bisa disaksikan melalui situs YouTube dan bisa disaksikan melalui perangkat Google Cardboard atau Samsung Gear VR.

Disebut sebagai action camera, Nikon KeyMission 360 sendiri memiliki bodi yang kecil dan diklaim mudah dipasang di segalam medan. Selain mampu menangkap dan merekam gambar 360 derajat, pesaing sengit di kancah action camera ini juga mampu mengambil gambar footage dengan resolusi 4K.

"Nikon KeyMission 360 memiliki sensor gambar dan lensa di sisi berlawan dari perangkat, dengan penggabungan masing-masing gambar untuk membuat pengalaman mendalam, ultra HD 360 derajat," ujar Nikon dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (6/1/2016).

Karena ini merupakan action camera, maka sudah pasti Nikon KeyMission 360 dibekali dengan sejumlah fitur pendukung, seperti waterproof dengan tingkat kedalaman hingga 30 meter, anti debu, dan juga anti guncangan. Belum diketahui berapa harganya, diperkirakan produk ini akan meluncur pada musim semi 2016 atau dengan kata lain sekitar bulan Maret, April, dan Mei.

(mag/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed