Selasa, 22 Sep 2015 08:41 WIB

Onrust, Kamera Lubang Jarum Buatan Bandung

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Onrust Pinhole Camera Onrust Pinhole Camera
Jakarta - Setelah NEO Pinhole Camera dirilis pada Juni 2014 lalu, kini kamera lubang jarum tersebut mempunyai adik baru, yang bernama Onrust Pinhole Camera. Kamera ala barudak Bandung ini dibuat dari kayu jati, yang berasal dari limbah furnitur rumah tangga.

Adalah Arie Haryana, sosok yang berada di balik pembuatan kamera lubang jarum ini. Sama seperti NEO Pinhole Camera, pemasaran kamera ini dilakukan melalui media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

Perbedaannya dibanding NEO, Onrust disebut oleh Arie mempunyai kelebihan di sisi estetika serta komponen yang digunakan. Namun ia tak menampik bahwa Onrust ini memang masih jauh dari kata sempurna.



Karena tujuan awal pembuatan kamera lubang jarum ini diakui oleh Arie adalah untuk membuka mata orang, khususnya anak muda. Yaitu membuat kamera itu ternyata mudah dan tak sesusah yang dibayangkan.

Bahkan, Arie pun menyatakan bahwa setiap dus yang dipakai untuk membungkus kamera ini bisa dibuat menjadi kamera lubang jarum lain, dengan ukuran yang lebih besar.

Sementara Onrust sendiri punya focal lenght 25, dengan aperture f/119. Format film yang digunakan adalah film 35mm, multi-image view, serta keberadaan dudukan tripod pada bagian bawah kamera. Onrust bisa dibeli melalui situs resminya dengan harga Rp 319 ribu.

Pembuatannya dilakukan dengan memberdayakan usaha kecil menengah (UKM) lokal yang berlokasi di bandung.



"Kami merasa dengan melibatkan UKM di tempat tinggal kami sendiri, secara tidak langsung kami telah memajukan daerah kami," ujar Arie dalam email kepada detikINET, Selasa (22/9/2015).

Arie menyebut, jika dikerjakan oleh pabrik, harganya memang akan lebih murah, serta waktu produksinya lebih cepat. Namun memajukan daerah sendiri baginya lebih penting ketimbang sekadar mencari keuntungan sebesar-besarnya.

(asj/rou)