Panasonic G7, Mirrorless Terjangkau dengan Video 4K

Panasonic G7, Mirrorless Terjangkau dengan Video 4K

- detikInet
Jumat, 22 Mei 2015 11:33 WIB
Panasonic G7 (Ist.)
Jakarta -

G7 merupakan kamera generasi terbaru dari seri kamera mirrorless Panasonic. Seri G ini juga pelopor kamera mirrorless dan merupakan pengembangan dari Panasonic G1, mirrorless pertama yang diluncurkan di tahun 2008.

Fisik kamera Panasonic ini menyerupai DSLR tapi lebih compact dan ringan. Beratnya hanya 410 gram dengan baterai terpasang. G7 adalah kamera mirrorless kelas menengah yang ditujukan untuk khalayak umum, dari penghobi foto-video amatir dan para orangtua yang ingin mengabadikan kehidupan keluarga dan anak-anaknya.

Highlight dari Panasonic G7 adalah kemampuan merekam video beresolusi tinggi 4K, dan juga mode burst 4K, yang memungkinkan kita untuk mengambil cuplikan frame dari video (extract) sebagai foto beresolusi 8 MP. Dengan fitur ini, momen penting tidak akan terlewatkan.

Meskipun masih sedikit TV yang beresolusi 4K, tapi dengan merekam video beresolusi tinggi ini, di masa depan video yang kita rekam saat ini tidak terlihat pecah atau kurang tajam saat diputar di display beresolusi 4K di masa depan.



Kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih seperti jendela bidik besar dengan resolusi sangat tinggi yaitu 2,4 juta titik, LCD putar sentuh beresolusi 1 juta titik dan autofokus DFD yang kinerjanya cepat. Bagi yang hobi memotret di kondisi cahaya yang terang dan bukaan lensa besar, Panasonic G7 juga menawarkan shutter speed electronic sampai 1/16000 detik.

Panasonic G7 termasuk sistem kamera micro four thirds yang telah memiliki banyak pilihan lensa antara lain lensa Panasonic, Leica, Olympus, Sigma, Tamron dan lainnya. Tapi untuk mengunakan teknologi autofokus DFD, pengguna perlu mengunakan lensa Panasonic.

Hanya satu hal yang sepertinya masih jalan di tempat adalah teknologi sensor gambar untuk foto yaitu LIVE MOS Sensor 16 MP yang belum diperbaharui selama 3-4 tahun terakhir. Meski demikian, untuk penggemar foto dan video amatir dan untuk mendokumentasikan kejadian sehari-hari di kondisi cahaya yang cukup terang dan tidak ada rencana cetak besar (panjang lebih dari 40cm/A3), kamera ini sudah cukup baik.



Panasonic G7 dirancang supaya teknologi foto-video yang canggih bisa terjangkau oleh umum. Kamera ini dipaketkan dengan lensa kit 14-42mm dan dijual dengan harga USD 799 atau dengan lensa 14-140mm dengan harga USD 1.099. Ketersediaan kamera direncanakan di bulan Juni 2015.

Spesifikasi Panasonic G7:

  • Live MOS Sensor (4:3) 16 MP
  • Video : 4K 30/24 fps
  • Kecepatan foto berturut-turut 7 foto per detik
  • Dimensi: 125 x 86 x 77 mm
  • Berat: 410 gram dengan baterai dan SD Card
  • Ketahanan suhu: 0-40 derajat Celcius
  • Autofocus sensitivity : -4 EV
  • Shutter speed maximum L: 1/16000 detik (electronic)
  • Flash sync speed : 1/160 detik
  • Tersedia dalam dua jenis warna (hitam dan silver titanium)
  • Tidak weathersealed (tidak tahan debu atau cuaca yang sangat dingin)
  • Konstruksi plastik

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut.

Yuk, belajar fotografi, editing dan ikut tur fotografi dengan infofotografi.com.



(Ardhi Suryadhi/Ardhi Suryadhi)