Bertandang ke 'Warung' Penggemar Kamera Tua

Bertandang ke \'Warung\' Penggemar Kamera Tua

ADVERTISEMENT

Focus 2013

Bertandang ke 'Warung' Penggemar Kamera Tua

- detikInet
Jumat, 08 Mar 2013 11:18 WIB
Booth Komunitas Kamera Analog (inet)
Jakarta - Berbagai merek kamera terkemuka hadir meramaikan pesta fotografi terbesar di Indonesia, Focus 2013. Namun acara ini tak hanya dibanjiri oleh kamera-kamera digital saja. Salah satu booth, mencoba memberikan pilihan yang berbeda, yakni kamera analog.

Ya, bagi yang ingin 'bernostalgia' dengan kamera 'jadul' ini, ada baiknya mengunjungi booth yang diisi oleh Komunitas Kamera Analog. Di sini, selain bisa melihat berbagai merek kamera lawas, Anda juga bisa membawa pulang salah satu di antaranya.

Komunitas tersebut memang menawarkan unit dari berbagai merk untuk dijual. Selain tipe SLR, point and shoot dan Rangefinder, mereka juga menjual kamera jenis TLR (Twin-lens Reflex).

Komunitas Kamera Analog sendiri terbentuk di tahun 2009. Berbeda dibanding komunitas-komunitas lain yang banyak mengadakan aktivitas 'offline' seperti hunting foto, komunitas ini terbentuk dari Kaskus dan masih tetap eksis di forum tersebut hingga sekarang di bawah thread 'Warung Ngumpul Penggemar Kamera Tua' dan 'Warung Ngumpul Penggemar Kamera Analog'.

Adapun merk-merk yang dipajang di booth mereka pada ajang Focus adalah Nikon, Canon, Minolta, Ricoh dan lain-lain. Harganya? Siapkan kocek mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 6 juta untuk bisa mendapatkan kamera pilihan Anda.

Di sini Anda juga bisa menemui kamera Canon limited edition F-1 yang dilepas di harga Rp 2,5 juta (body only). Selain kamera mereka juga menjual chemical.

Bagi yang masih 'newbie' namun ingin menjajal kamera analog, Ready Febrian, fotografer sekaligus salah satu anggota komunitas membagi tips singkat.

Yang pertama, disarankan untuk memilih berdasarkan desain mana yang disukai, kemudian lensanya. "Semakin 'tajam' lensanya makin mahal," tukas Ready.

Adapun ketajaman lensa ini ditilik dari rentang fokal dan bukaan (diafragma). Tentu saja, semuanya harus dikemas dalam kondisi fisik kamera yang 'sehat' alias semua fungsi kamera masih bekerja dengan baik.

Sedangkan bila calon pembeli adalah seorang kolektor, maka tahun perilisan kamera biasanya menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan.

Booth Komunitas Kamera Analog tersebut bisa dijumpai di Assembly Hall, Jakarta Convention Center dalam gelaran Focus-Jakarta Photo & Digital Imaging Expo.

Hajatan fotografi ini berlangsung dari tanggal 6-10 Maret 2013. Berbarengan dengan acara Focus adalah Mega Bazaar Computer (MBC) dan Indonesia Games Festival (IGF).




(sha/ash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT